TIPIRING PELANGGARAN PERDA NOMOR 7 TAHUN 2009 TENTANG KAWASAN TANPA ROKOK DI ANGKUTAN UMUM TAHUN 2015

21 Desember 2015

ditampilkan : 762 kali

            Penetapan Kawasan Tanpa Rokok merupakan upaya perlindungan untuk masyarakat terhadap resiko ancaman gangguan kesehatan karena lingkungan tercemar asap rokok. Untuk kota Palembang peraturan tentang kawasan bebas asap rokok tercantum dalam Perda  Kota Palembang nomor 7 tahun 2009. Ada tujuh kawasan tanpa rokok yang di atur dalam Perda no 7 tahun 2009 yaitu : Tempat Umum,tempat Kerja, rumah  Ibadah,area bermain anak anak, angkutan umum,kawasan belajar mengajar, dan tempat pelayanan kesehatan.

            Pemerintah Kota Palembang melalui Dinas Kesehatan Kota Palembang telah terus menerus melaukan sosialisasi tentang kawasan tanpa rokok ini kepada masyarakat. kegiatan sosialisasi berupa penyuluhan,pembagian stiker,diskusi,seminar, sehingga Penertiban Langsung berupa Tipiring (Tindak Pidana Ringan dalam menegakkan Kepatuhan Masyarakat terhadap Perda no 7 Tahun 2009 tentang KTR seperti yang di laksanakan pada tanggal 15 Desember 2015 di Jalan Merdeka Kota Palembang. dengan sasaran Anggkutan Umum yang ada di Kota Palembang. Dalam penertiban ini melibatkan Pihak terkait seperti Kepolisian, Pol-PP,Dishub,Kejaksaan,Organda  serta Dinas Kesehatan Kota palembang Sendiri.

            Kadinkes Kota Palembang dr. Anton Swindro,M.Kes mengatakan sudah enam tahun Perda No 7 tahun 2009 ini di jalankan dan di sosialisasikan. Pada hari ini kami melaksanakan penertiban apa yang telah di sosialisasikan, dalam penertiban tersebut kami mengharapkan 3K ( Kenyamanan,Keselamatan,Keamanan) dalam anggkutan umum.

            Dalam penertiban tersebut ada sembilan orang sopir angkot dan penumpang yang terjaring Tipiring Perda no 7 Tahun 2009 tentang Kawasan Tanpa Rokok dengan denda yang berpariasi, kedepan Dinkes Kota Palembang dan intansi terkait akan lebih gencar lagi melakukan penertiban di Kawasan Tanpa Roko yang ada di Kota Palembang.

Komentar :


Silakan login atau daftar sebagai member untuk memberi komentar

Berita Terbaru

  • Pemeriksaan IVA Test di Kel.Loa Tebu, Kab.Kutai Kartanegara
    Oleh : Kalimantan Timur

    #GERMAS perduli kanker leher rahim dan kanker payudara, deteksi dini dengan pemeriksaan IVA Test/CBE di Kel.Loa Tebu, Kab.Kutai Kartanegara.

    Selengkapnya
  • Posbindu PTM di Desa Loa Duri Ilir
    Oleh : Kalimantan Timur

    Pembentukan Posbindu PTM di Desa Loa Duri Ilir Kab.Kutai Kartanegara yang mendapat dukungan penuh dari dana desa untuk pengadaan alat dan rapid test pemeriksaan kesehatan.

    Selengkapnya
  • Skrening Merokok Pada Anak Sekolah
    Oleh : Sulawesi Selatan

    Skrenng merokok pada anak sekolah dari SMP/sederajat (kelas 7) 6 sekolah dan SMA/Sederajat (kelas 10) 6 sekolah dan terlaksanan dengan baik.

    Selengkapnya
  • Deteksi Dini Perokok Remaja Usia 15-19 Tahun di Kabupaten Barru
    Oleh : Sulawesi Selatan

    Kegiatan deteksi dini perokok remaja usia 15-19 tahun menggunakan alat Co Analyzer di SMPN 1 Barru, wilayah kerja Puskesmas Padongko.

    Selengkapnya
  • Pemeriksaan Karbon Monoksida (CO) Smoker pada Anak Sekolah di SMA N 1 KALIANDA LAMPUNG SELATAN
    Oleh : Lampung

    Pemeriksaan Karbon Monoksida (CO) Smoker pada Anak Sekolah di SMA N 1 KALIANDA LAMPUNG SELATAN

    Selengkapnya