Pelatihan deteksi dini kanker leher rahim 6 s/d 9 Oktober 2015

10 Oktober 2015

ditampilkan : 1106 kali

Praktek lapangan peserta Pelatihan Deteksi Dini Kanker Leher Rahim yang diselenggarakan oleh kemenkes di Kabupaten Lamongan melalui pihak ketiga di manfaatkan dengan baik oleh masyarakat kabupaten lamongan khususnya yang ada di kota kabupaten. bagaimana tidak? pemeriksaan yang seharusnya hanya 60 orang membludah hingga 130 orang yang ingin diperiksa. dengan keterbatasan alat yang disediakan akhirnya disepakati hanya 80 orang di periksa pada hari itu dan sisanya akan diperiksa di kemudian hari oleh puskesmas kota. dari pemeriksaan yang dilakukan ( 80 orang ) di temukan IVA positif sebanyak 17 orang, (± 20 %) dan 8 orang dilakukan cryo. tingginya IVA positif yang di temukan, kami berharap dapat menanganinya dengan baik, kami perlu momen-momen yang baik yang bisa menjaring masyarakat untuk sadar akan preventif tentang kesehatannya. di samping itu kami juga berharap pemerintah melalui kemenkes bisa memberikan rangsangan berupa alat ( Cryo ) agar puskesmas lebih giat lagi dalam bekerja ( memeriksa dan sekaligus dapat memberiksan solusinya dalam hal ini terapi cryo ).

sementara itu tempat ke 2 yang di gunakan untuk praktek lapangan adalah puskesmas turi, dari 65 wanita yang diperiksa IVA, ditemukan 3 orang IVA positif ( 4,6 % ). tindakan cryo dilakukan di puskesmas kota karena puskesmas turi tidak memiliki alat cryo. 

Alhamdulillah dengan banyaknya masyarakat yang mau di periksa IVA, memberikan nilai plus pada peserta pelatihan sehingga mereka bisa mengaplikasikan ilmu yang di peroleh saat pelatihan dengan di dampingi oleh dokter ahlinya ( obgyn ). sehingga memberikan keyakinan pada peserta apa bila mereka melaksanakan sendiri nantinya. 

semoga bermanfaat........amin.

Komentar :


Silakan login atau daftar sebagai member untuk memberi komentar

Berita Terbaru

  • Pemeriksaan IVA Test di Kel.Loa Tebu, Kab.Kutai Kartanegara
    Oleh : Kalimantan Timur

    #GERMAS perduli kanker leher rahim dan kanker payudara, deteksi dini dengan pemeriksaan IVA Test/CBE di Kel.Loa Tebu, Kab.Kutai Kartanegara.

    Selengkapnya
  • Posbindu PTM di Desa Loa Duri Ilir
    Oleh : Kalimantan Timur

    Pembentukan Posbindu PTM di Desa Loa Duri Ilir Kab.Kutai Kartanegara yang mendapat dukungan penuh dari dana desa untuk pengadaan alat dan rapid test pemeriksaan kesehatan.

    Selengkapnya
  • Skrening Merokok Pada Anak Sekolah
    Oleh : Sulawesi Selatan

    Skrenng merokok pada anak sekolah dari SMP/sederajat (kelas 7) 6 sekolah dan SMA/Sederajat (kelas 10) 6 sekolah dan terlaksanan dengan baik.

    Selengkapnya
  • Deteksi Dini Perokok Remaja Usia 15-19 Tahun di Kabupaten Barru
    Oleh : Sulawesi Selatan

    Kegiatan deteksi dini perokok remaja usia 15-19 tahun menggunakan alat Co Analyzer di SMPN 1 Barru, wilayah kerja Puskesmas Padongko.

    Selengkapnya
  • Pemeriksaan Karbon Monoksida (CO) Smoker pada Anak Sekolah di SMA N 1 KALIANDA LAMPUNG SELATAN
    Oleh : Lampung

    Pemeriksaan Karbon Monoksida (CO) Smoker pada Anak Sekolah di SMA N 1 KALIANDA LAMPUNG SELATAN

    Selengkapnya