Pelatihan Kader Desa Dan Petugas Puskesmas Untuk Pembentukan Posbindu di Kabupaten Aceh Utara

19 September 2015

ditampilkan : 1366 kali

Pelatihan Kader Desa Dan Petugas Puskesmas di Kabupaten Aceh Utara merupakan kegiatan yang dilaksanakan untuk deteksi dini faktor risiko penyakit tidak menular. Aceh Utara merupakan kabupaten yang memiliki wilayah kerja yang luas dengan jumlah desa mencapai 852 desa. untuk meningkatkan capaian kinerja pada tahun 2015, Dinas Kesehatan Aceh bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Utara melakukan pelatihan yang bertujuan meningkatkan pengetahuan petugas, kader dalam upaya deteksi dini faktor risiko PTM di posbindu.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Utara, dr. Makhrozal, M.Kes dalam sambutannya mengatakan bahwa, Kegiatan Posbindu PTM akan sangat bermanfaat bagi masyarakat dalam upaya deteksi dini berbagai faktor risiko penyakit tidak menular sedini mungkin. Selain itu, masyarakat Aceh masih sangat sedikit dalam konsumsi buah dan sayur sehingga melalui pelatihan ini petugas puskesmas dan kader desa merupakan jajaran terdepan dalam melakukan sosialisasi dan menggerakkan masyarakat untuk mengkonsumsi sayur dan buah lebih banyak lagi dan melakukan diet yang sehat seperti mengurangi karbohidrat dan memperbanyak protein.

Pelatihan Kader Desa dan Petugas Puskesmas di Kabupaten Aceh Utaraa untukpembentukan Posbindu dilakukan selama 2 hari mulai 17-18 September 2015. Para nara sumber yang berasal dari Dinas Kesehatan Provinsi Aceh yaitu Zulhilmi, SKM, MPH dan dr. Rahmadyani secara bergantian memberikan materi yang berikan tentang Kebijakan PTM, Puskesmas PTM, Posbindu PTM, Konseling dan simulasi pelaksanaan kegiatan Posbindu PTM sehingga para peserta lebih memahami pelaksanaan kegiatan Posbindu.

Dalam pelatiihan tersebut menghasilkan beberapa kominten dan rencana tindak lanjut dari pelatihan yaitu pelasanaan kegiatan posbindu di desa akan dilakukan sesegera mungkin dan para petugas akan melakukan pembinaan secara berkesinambungan demi terlaksana kegiatan Posbindu serta melakukan pendataan yang baik setiap dolaksanakan kegiatan Posbindu

 

Komentar :


Silakan login atau daftar sebagai member untuk memberi komentar

Berita Terbaru

  • Deteksi Dini Perokok Remaja Usia 15-19 Tahun di Kabupaten Barru
    Oleh : Sulawesi Selatan

    Kegiatan deteksi dini perokok remaja usia 15-19 tahun menggunakan alat Co Analyzer di SMPN 1 Barru, wilayah kerja Puskesmas Padongko.

    Selengkapnya
  • Pemeriksaan Karbon Monoksida (CO) Smoker pada Anak Sekolah di SMA N 1 KALIANDA LAMPUNG SELATAN
    Oleh : Lampung

    Pemeriksaan Karbon Monoksida (CO) Smoker pada Anak Sekolah di SMA N 1 KALIANDA LAMPUNG SELATAN

    Selengkapnya
  • Posbindu Khusus di Terminal Utama Pekkae, Kab. Barru
    Oleh : Sulawesi Selatan

    Kegiatan pemeriksaan kesehatan dan deteksi dini faktor risiko penyakit tidak menular pada pengemudi/pengendara kendaraan roda empat menjelang hari raya Idul Adha di Terminal Utama Pekkae Kab. Barru

    Selengkapnya
  • Pemeriksaan IVA dan CBE
    Oleh : Lampung

    Pemeriksaan IVA & CBE Di Desa Mukti Jaya, Wilayah kerja Puskesmas Tri Karya Mulya. Kecamatan. Tanjung Raya

    Selengkapnya
  • Pelatihan Kader Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu) Penyakit Tidak Menular
    Oleh : Lampung

    Pelatihan Kader Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu) Penyakit Tidak Menular

    Selengkapnya