PELATIHAN TEKNIS POSBINDU BAGI PETUGAS PUSKESMAS KABUPATEN KEDIRI TAHUN 2015

10 Juli 2015

ditampilkan : 1367 kali

Penyakit tidak menular (PTM) utama (kardiovaskuler, stroke, kanker, diabetes mellitus, penyakit paru obstruktif kronis) telah mengalami peningkatan kejadian dengan cepat yang berdampak pula pada peningkatan angka kematian dan kecacatan. Mengingat luasnya spektrum penyakit tidak menular, WHO menganjurkan pendekatan penganggulangan faktor risiko secara bersama dapat mengurangi insidensi dan prevalensi PTM utama. Penanggulangan ini tidak mungkin dilakukan hanya oleh sektor kesehatan saja, namun harus melibatkan sektor lain serta pemberdayaan masyarakat untuk dapat menjamin keterlibatan masyarakat secara aktif.

Peningkatan angka kesakitan dan kematian akibat PTM di Jawa Timur perlu segera ditindaklanjuti. Upaya pengendalian PTM tidak cukup hanya pengobatan saja, melainkan faktor risiko PTM juga perlu diintervensi melalui wadah yang ada di masyarakat , yaitu Posbindu PTM.

Posbindu PTM adalah pos pembinaan terpadu yang merupakan wadah kegiatan secara terintegrasi berbasis masyarakat untuk mendeteksi dan menindaklanjuti faktor risiko PTM secara dini. Posbindu PTM dikembangkan atas dasar besarnya masalah PTM di masyarakat dan mencakup upaya promosi kesehatan melalui berbagai kelompok masyarakat serta stakeholder yang telah aktif dalam tatanan desa siaga.

Kegiatan pelatihan posbindu bagi petugas ini merupakan rangkaian kegiatan pengendalian PTM di Kabupaten Kediri, dengan harapan agar PTM di Kabupaten Kediri dapat dikendalikan melalui pemantauan faktor risiko PTM di posbindu PTM.

Komentar :


Silakan login atau daftar sebagai member untuk memberi komentar

Berita Terbaru

  • Pemeriksaan IVA Test di Kel.Loa Tebu, Kab.Kutai Kartanegara
    Oleh : Kalimantan Timur

    #GERMAS perduli kanker leher rahim dan kanker payudara, deteksi dini dengan pemeriksaan IVA Test/CBE di Kel.Loa Tebu, Kab.Kutai Kartanegara.

    Selengkapnya
  • Posbindu PTM di Desa Loa Duri Ilir
    Oleh : Kalimantan Timur

    Pembentukan Posbindu PTM di Desa Loa Duri Ilir Kab.Kutai Kartanegara yang mendapat dukungan penuh dari dana desa untuk pengadaan alat dan rapid test pemeriksaan kesehatan.

    Selengkapnya
  • Skrening Merokok Pada Anak Sekolah
    Oleh : Sulawesi Selatan

    Skrenng merokok pada anak sekolah dari SMP/sederajat (kelas 7) 6 sekolah dan SMA/Sederajat (kelas 10) 6 sekolah dan terlaksanan dengan baik.

    Selengkapnya
  • Deteksi Dini Perokok Remaja Usia 15-19 Tahun di Kabupaten Barru
    Oleh : Sulawesi Selatan

    Kegiatan deteksi dini perokok remaja usia 15-19 tahun menggunakan alat Co Analyzer di SMPN 1 Barru, wilayah kerja Puskesmas Padongko.

    Selengkapnya
  • Pemeriksaan Karbon Monoksida (CO) Smoker pada Anak Sekolah di SMA N 1 KALIANDA LAMPUNG SELATAN
    Oleh : Lampung

    Pemeriksaan Karbon Monoksida (CO) Smoker pada Anak Sekolah di SMA N 1 KALIANDA LAMPUNG SELATAN

    Selengkapnya