Penyakit Tidak Menular dalam Pekan Raya Kota Madiun

29 Juni 2015

ditampilkan : 1124 kali

Pekan Raya merupakan salah satu kegiatan dalam menyambut Hari Jadi Kota Madiun. Pada tahun ini Pekan Raya menyambut Hari Jadi Kota Madiun yang ke - 97 diselenggarakan mulai tanggal 29 Mei sampai dengan 16 Juni 2015. Dalam Pekan Raya ini, Dinas Kesehatan berpartisipasi dan mengambil tema "Pengendalian Penyakit Tidak Menular".

Pada hari pertama, Pekan Raya dibuka oleh Bapak Walikota yang dilanjutkan dengan berkeliling ke lokasi bersama dengan Wakil Walikota, Sekretaris Daerah dan Tim Penggerak PKK. 

Stan Dinas Kesehatan dihiasi dengan leaflet, banner, dan poster yang berisikan informasi terkait Penyakit Tidak Menular. Kegiatan yang ditampilkan antara lain pemeriksaan deteksi dini faktor resiko PTM yang meliputi pengukuran lingkar perut, TB ,BB, dan pemeriksaan Gula darah , serta konsultasi mengenai PTM. 

Pengunjung yang datang ke Stan Dinas Kesehatan sangat bervariasi. mulai dari anak muda, orang dewasa dan lansia, laki laki dan perempuan. Kebanyakan pengunjung yang datang adalah mereka yang penasaran dengan PTM sehingga mereka tertarik untuk bertanya bahkan berkonsultasi. Setelah mereka tahu selanjutnya berinisiatif untuk melakukan deteksi dini FR PTM di Stan Dinas Kesehatan

Pekan Raya ini menjadi salah satu wadah untuk menyampaikan informasi mengenai Penyakit Tidak Menular kepada masyarakat umum. Dari hasil kegiatan ini diketahui bahwa sebagian besar pengunjung baru mengetahui bahwa mereka masuk kategori masyarakat berisiko setelah datang ke Stan Dinas Kesehatan.

Diharapakan dari kegiatan ini masyarakat semakin sadar terhadap keberadaan Penyakit Tidak Menular yang semakin hari semakin mengancam dan dengan kesadaran tersebut masyarakat dapat berpartisipasi aktif untuk melakukan deteksi dini Penyakit Tidak Menular.

 

Salam CERDIK

(Masa Muda Sehat, Hari Tua Nikmat)

Komentar :


Silakan login atau daftar sebagai member untuk memberi komentar

Berita Terbaru

  • Pemeriksaan IVA Test di Kel.Loa Tebu, Kab.Kutai Kartanegara
    Oleh : Kalimantan Timur

    #GERMAS perduli kanker leher rahim dan kanker payudara, deteksi dini dengan pemeriksaan IVA Test/CBE di Kel.Loa Tebu, Kab.Kutai Kartanegara.

    Selengkapnya
  • Posbindu PTM di Desa Loa Duri Ilir
    Oleh : Kalimantan Timur

    Pembentukan Posbindu PTM di Desa Loa Duri Ilir Kab.Kutai Kartanegara yang mendapat dukungan penuh dari dana desa untuk pengadaan alat dan rapid test pemeriksaan kesehatan.

    Selengkapnya
  • Skrening Merokok Pada Anak Sekolah
    Oleh : Sulawesi Selatan

    Skrenng merokok pada anak sekolah dari SMP/sederajat (kelas 7) 6 sekolah dan SMA/Sederajat (kelas 10) 6 sekolah dan terlaksanan dengan baik.

    Selengkapnya
  • Deteksi Dini Perokok Remaja Usia 15-19 Tahun di Kabupaten Barru
    Oleh : Sulawesi Selatan

    Kegiatan deteksi dini perokok remaja usia 15-19 tahun menggunakan alat Co Analyzer di SMPN 1 Barru, wilayah kerja Puskesmas Padongko.

    Selengkapnya
  • Pemeriksaan Karbon Monoksida (CO) Smoker pada Anak Sekolah di SMA N 1 KALIANDA LAMPUNG SELATAN
    Oleh : Lampung

    Pemeriksaan Karbon Monoksida (CO) Smoker pada Anak Sekolah di SMA N 1 KALIANDA LAMPUNG SELATAN

    Selengkapnya