Pencanangan Progam Nasional Gerakan Pencegahan dan Deteksi Dini Kanker Pada Perempuan Indonesia

20 Mei 2015

ditampilkan : 1412 kali

Dalam rangka pencanangan Program Nasional Gerakan Pencegahan dan Deteksi Dini Kanker pada perempuan, tanggal 19 April 2015  Kabupaten Malang telah melakukan sosialisasi pencegahan dan deteksi dini kanker pada perempuan  yang dihadiri oleh 1000 orang terdiri dari 800 orang buruh wanita, 150 orang dari kader kesehatan dan 50 orang dari pegawai di lingkungan Pemkab. Malang.  Acara ini dibuka oleh Bapak Bupati Malang H. Rendra Kresna dan dihadiri Ketua TP PKK Kabupaten Malang Ibu Hj. Yayuk Rendra Kresna serta jajaran SKPD dilingkungan Pemkab Malang.  Dalam sosialisasi ini disampaikan materi tentang kanker pada perempuan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kab. Malang yaitu Bapak H. Abdurrahman, M.Kes.  Sesi selanjutnya disampaikan materi tentang pencegahan dan deteksi dini kanker pada perempuan yang disampaikan oleh dr. Pua Librana, SpOG.  Setelah acara sosialisasi selesai dilanjutkan dengan pemeriksaan papsmear dan CBE  bekerjasama dengan Laboratorium Klinik Bromo pada 31 orang wanita yang mendaftar untuk dilakukan pemeriksaan di Poliklinik Pemkab Malang.  Dari hasil papsmear pada 31 perempuan tidak didapatkan lesi pra kanker maupun benjolan payudara.

Tanggal 21 April 2015 dilanjutkan dengan pemeriksaan IVA dan CBE serentak di 20 puskesmas terlatih di Kabupaten Malang dan menjaring 478 perempuan dalam pemeriksaan tersebut dan 7 orang dicurigai menderita lesi pra kanker yang kemudian dirujuk ke RSUD Kab. Malang.

Komentar :


Silakan login atau daftar sebagai member untuk memberi komentar

Berita Terbaru

  • Pemeriksaan IVA Test di Kel.Loa Tebu, Kab.Kutai Kartanegara
    Oleh : Kalimantan Timur

    #GERMAS perduli kanker leher rahim dan kanker payudara, deteksi dini dengan pemeriksaan IVA Test/CBE di Kel.Loa Tebu, Kab.Kutai Kartanegara.

    Selengkapnya
  • Posbindu PTM di Desa Loa Duri Ilir
    Oleh : Kalimantan Timur

    Pembentukan Posbindu PTM di Desa Loa Duri Ilir Kab.Kutai Kartanegara yang mendapat dukungan penuh dari dana desa untuk pengadaan alat dan rapid test pemeriksaan kesehatan.

    Selengkapnya
  • Skrening Merokok Pada Anak Sekolah
    Oleh : Sulawesi Selatan

    Skrenng merokok pada anak sekolah dari SMP/sederajat (kelas 7) 6 sekolah dan SMA/Sederajat (kelas 10) 6 sekolah dan terlaksanan dengan baik.

    Selengkapnya
  • Deteksi Dini Perokok Remaja Usia 15-19 Tahun di Kabupaten Barru
    Oleh : Sulawesi Selatan

    Kegiatan deteksi dini perokok remaja usia 15-19 tahun menggunakan alat Co Analyzer di SMPN 1 Barru, wilayah kerja Puskesmas Padongko.

    Selengkapnya
  • Pemeriksaan Karbon Monoksida (CO) Smoker pada Anak Sekolah di SMA N 1 KALIANDA LAMPUNG SELATAN
    Oleh : Lampung

    Pemeriksaan Karbon Monoksida (CO) Smoker pada Anak Sekolah di SMA N 1 KALIANDA LAMPUNG SELATAN

    Selengkapnya