SOSIALISASI KEGIATAN UBM

05 Mei 2015

ditampilkan : 1453 kali

Di seluruh dunia terdapat 1,25 miliar perokok usia 15 Tahun ke atasdan dari jumlah tersebut sebanyak 250 juta adalah perempuan, perbandingan perokok laki-laki dan perempuan adalah 5:1. Prevalensi perokok usia 15 tahun keatas di dunia sebesar 24%, perokok usia 13-15 tahun sebesar 9,5%. Sekitar 65% perokok di dunia berada di 10 negara dengan kontribusi terbesar adalah China, India, Indonesia, Rusia dan USA, Sisa dari 5 negara lain seperti Jepang, brazil, bangladesh, jerman dan turki (WHO, 2008)

Berhenti merokok bukanlah hal yang mudah, karena efek adiksi nikotin. Reseptor opioid memegang peran penting dalan reward system untuk berhenti merokok

Manfaat berhenti merokok untuk kesehatan antara lain perbaikan tekanan darah, denyut jantung dan aliran darah tepi setelah 20 menit berhenti merokok.

Untuk itu Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Barat mengadakan sosialisasi tentang kegiatan Usaha Berhenti Merokok bekerja sama dengan Duta Radio yang dilaksanakan tanggal 04 April 2015. Siaran tersebut dilakukan on air dan didengar oleh seluruh masyarakat Bangka Barat serta dilakukan juga dialog interaktif dengan seluruh pendengar Duta Radio.

Sebelumnya juga telah dilakukan sosialisasi dilingkungan Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Barat, dengan sasaran seluruh pegawai laki-laki dengan respon yang diberikan sangat positif.

Semoga kegiatan Usaha Berhenti Merokok (UBM) dapat berjalan terutama di seluruh Indonesia dan di Kabupaten Bangka Barat pada khusus

 

 

Komentar :


Silakan login atau daftar sebagai member untuk memberi komentar

Berita Terbaru

  • Pemeriksaan IVA Test di Kel.Loa Tebu, Kab.Kutai Kartanegara
    Oleh : Kalimantan Timur

    #GERMAS perduli kanker leher rahim dan kanker payudara, deteksi dini dengan pemeriksaan IVA Test/CBE di Kel.Loa Tebu, Kab.Kutai Kartanegara.

    Selengkapnya
  • Posbindu PTM di Desa Loa Duri Ilir
    Oleh : Kalimantan Timur

    Pembentukan Posbindu PTM di Desa Loa Duri Ilir Kab.Kutai Kartanegara yang mendapat dukungan penuh dari dana desa untuk pengadaan alat dan rapid test pemeriksaan kesehatan.

    Selengkapnya
  • Skrening Merokok Pada Anak Sekolah
    Oleh : Sulawesi Selatan

    Skrenng merokok pada anak sekolah dari SMP/sederajat (kelas 7) 6 sekolah dan SMA/Sederajat (kelas 10) 6 sekolah dan terlaksanan dengan baik.

    Selengkapnya
  • Deteksi Dini Perokok Remaja Usia 15-19 Tahun di Kabupaten Barru
    Oleh : Sulawesi Selatan

    Kegiatan deteksi dini perokok remaja usia 15-19 tahun menggunakan alat Co Analyzer di SMPN 1 Barru, wilayah kerja Puskesmas Padongko.

    Selengkapnya
  • Pemeriksaan Karbon Monoksida (CO) Smoker pada Anak Sekolah di SMA N 1 KALIANDA LAMPUNG SELATAN
    Oleh : Lampung

    Pemeriksaan Karbon Monoksida (CO) Smoker pada Anak Sekolah di SMA N 1 KALIANDA LAMPUNG SELATAN

    Selengkapnya