Uji Coba Petunjuk Teknis Deteksi Dini FR PTM Pada Jamaah Haji di Provinsi Jawa Timur

03 September 2014

ditampilkan : 3199 kali

Uji Coba Petunjuk Teknis Deteksi Dini FR PTM Pada Jamaah Haji dilaksanakan dengan mengundang 5 Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH), Dinas Kesehatan Kota Surabaya, Puskesmas, Kanwil Agama, dan AKHI di Kota Surabaya. Pada hari pertama acara dibuka oleh Direktur Pengendalian Penyakit Tidak Menular, paparan dari AKHI Pusat (dr. Wan Alkadri dan Dr. Rustika), serta Pusat Kesehatan Haji Kemenkes (dr. Mawari Edy). Hari kedua dilanjutkan dengan pembahasan mengenai Posbindu PTM beserta simulasinya dan materi Surveilans FR PTM berbasis Web yang disampaikan oleh Tim developer IT.

Tujuan acara ini adalah untuk mengajarkan jamaah haji untuk mengendalikan FR PTM melalui kegiatan Posbindu PTM secara rutin agar nantinya bisa diaplikasikan sampai di tanah suci. Kegiatan deteksi dini FR PTM pada jamaah haji diharapkan dapat dilaksanakan oleh KBIH dibawah pembinaan Puskesmas pada saat pelaksanaan manasik haji. 

Terlihat apresiasi dan antusias peserta uji coba pada saat diskusi dan tanya jawab yang berjalan. Kegiatan ini berjalan dengan lancar sampai dengan hari terakhir, berdasarkan hasil diskusi didapatkan bahwa seluruh puskesmas di Kota Surabaya sudah melaksanakan Posbindu Haji dan membutuhkan dukungan dari Kemenang atau Kanwil Agama setempat untuk penyediaan data jamaah yang akan berangkat setiap tahunnya. Terima kasih kepada peserta uji coba yang sudah mengikuti acara ini, semoga ke depan program ini dapat diaplikasikan dengan baik dan tetap semangat menjalankan Program Pengendalian PTM.

 

Komentar :


Adhaini, SKM
10 September 2014

di Provinsi Bengkulu kapan ya...di tunggu untuk uji coba petunjuk teknis deteksi dini FR pd jemaah haji....

Mohd.Ridwan.Y, Am.Kep
12 September 2014

ntar kalau uji cobanya berhasil,kabar - kabarin ya......di tunggu lho......//

Silakan login atau daftar sebagai member untuk memberi komentar

Berita Terbaru

  • Pemeriksaan IVA Test di Kel.Loa Tebu, Kab.Kutai Kartanegara
    Oleh : Kalimantan Timur

    #GERMAS perduli kanker leher rahim dan kanker payudara, deteksi dini dengan pemeriksaan IVA Test/CBE di Kel.Loa Tebu, Kab.Kutai Kartanegara.

    Selengkapnya
  • Posbindu PTM di Desa Loa Duri Ilir
    Oleh : Kalimantan Timur

    Pembentukan Posbindu PTM di Desa Loa Duri Ilir Kab.Kutai Kartanegara yang mendapat dukungan penuh dari dana desa untuk pengadaan alat dan rapid test pemeriksaan kesehatan.

    Selengkapnya
  • Skrening Merokok Pada Anak Sekolah
    Oleh : Sulawesi Selatan

    Skrenng merokok pada anak sekolah dari SMP/sederajat (kelas 7) 6 sekolah dan SMA/Sederajat (kelas 10) 6 sekolah dan terlaksanan dengan baik.

    Selengkapnya
  • Deteksi Dini Perokok Remaja Usia 15-19 Tahun di Kabupaten Barru
    Oleh : Sulawesi Selatan

    Kegiatan deteksi dini perokok remaja usia 15-19 tahun menggunakan alat Co Analyzer di SMPN 1 Barru, wilayah kerja Puskesmas Padongko.

    Selengkapnya
  • Pemeriksaan Karbon Monoksida (CO) Smoker pada Anak Sekolah di SMA N 1 KALIANDA LAMPUNG SELATAN
    Oleh : Lampung

    Pemeriksaan Karbon Monoksida (CO) Smoker pada Anak Sekolah di SMA N 1 KALIANDA LAMPUNG SELATAN

    Selengkapnya