Contoh Artikel - Kewaspadaan Terhadap Middle East Respiratory Syndrome Corona Virus (MERS- CoV)

09 Juni 2014

ditampilkan : 1926 kali

 

Jakarta, 25 Juli 2013

Mendekati puncak ibadah umroh dan haji, membuat otoritas kesehatan dunia (WHO) dan Arab Saudi merasa perlu meningkatkan kewaspadaan termasuk Indonesia. Dirjen P2PL menyampaikan beberapa kegiatan kewaspadaan terhadap Middle East Respiratory Syndrome Corona Virus (MERS-CoV) yang sudah dilakukan oleh Direktorat Jenderal P2PL, antara lain sebagai berikut :

Pertama, kesiapan sarana dan petugas kesehatan, Dirjen P2PL sudah membuat surat edaran kepada Dinas Kesehatan Propinsi dengan tembusan ke Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan (BBTKL) dan RS Vertikal seluruh Indonesia No. HK.03.03/D/II.1/633/2013 tanggal 19 Februari 2013 dan tentang kewaspadaan virus corona baru (Novel Corona Virus) dan No. HK.03.03/D/II.1/1027/2013 tanggal 3 Mei 2013 tentang peningkatan kewaspadaan Novel Corona Virus (nCoV), termasuk melampirkan informasi-informasi terbaru penyakit ini.

Berdasar surat tersebut, beberapa daerah sudah melaporkan penyebaran informasi ke Fasilitas Pelayanan Kesehatan disekitarnya dan melakukan persiapan yang diperlukan. Ditjen P2PL Kemenkes RI juga sedang membuat surat edaran kembali terkait pernyataan WHO, pada 17 Juli 2013, dan mengenai cara terbaru penanganan kasus, definisi kasus dll.


Kedua, Ditjen P2PL telah mengadakan rapat koordinasi pada 11 Juli 2013 dengan jajaran Ditjen P2PL yang diikuti oleh Kepala Pusat Kesehatan Haji, perwakilan Direktorat Jenderal Bina Upaya Kesehatan, dan Badan Litbangkes dan WHO. Surveilans dan kegiatan di port of entry akan diperkuat, Balitbangkes siap untuk memeriksa sample, sedangkan perwakilan BUK akan mengecek lagi kemampuan 100 RS rujukan flu burung termasuk edaran tentang ruang isolasi dll.

Komentar :


nurhasana sinaga
09 Juni 2014

Thanks ya, menambah ilmu baru buat kami..

Farastika Laraswati
09 Juni 2014

sama-sama ^^

Silakan login atau daftar sebagai member untuk memberi komentar

Berita Terbaru

  • Pemeriksaan IVA Test di Kel.Loa Tebu, Kab.Kutai Kartanegara
    Oleh : Kalimantan Timur

    #GERMAS perduli kanker leher rahim dan kanker payudara, deteksi dini dengan pemeriksaan IVA Test/CBE di Kel.Loa Tebu, Kab.Kutai Kartanegara.

    Selengkapnya
  • Posbindu PTM di Desa Loa Duri Ilir
    Oleh : Kalimantan Timur

    Pembentukan Posbindu PTM di Desa Loa Duri Ilir Kab.Kutai Kartanegara yang mendapat dukungan penuh dari dana desa untuk pengadaan alat dan rapid test pemeriksaan kesehatan.

    Selengkapnya
  • Skrening Merokok Pada Anak Sekolah
    Oleh : Sulawesi Selatan

    Skrenng merokok pada anak sekolah dari SMP/sederajat (kelas 7) 6 sekolah dan SMA/Sederajat (kelas 10) 6 sekolah dan terlaksanan dengan baik.

    Selengkapnya
  • Deteksi Dini Perokok Remaja Usia 15-19 Tahun di Kabupaten Barru
    Oleh : Sulawesi Selatan

    Kegiatan deteksi dini perokok remaja usia 15-19 tahun menggunakan alat Co Analyzer di SMPN 1 Barru, wilayah kerja Puskesmas Padongko.

    Selengkapnya
  • Pemeriksaan Karbon Monoksida (CO) Smoker pada Anak Sekolah di SMA N 1 KALIANDA LAMPUNG SELATAN
    Oleh : Lampung

    Pemeriksaan Karbon Monoksida (CO) Smoker pada Anak Sekolah di SMA N 1 KALIANDA LAMPUNG SELATAN

    Selengkapnya