Contoh Artikel - Kewaspadaan Terhadap Middle East Respiratory Syndrome Corona Virus (MERS- CoV)

09 Juni 2014

ditampilkan : 2173 kali

 

Jakarta, 25 Juli 2013

Mendekati puncak ibadah umroh dan haji, membuat otoritas kesehatan dunia (WHO) dan Arab Saudi merasa perlu meningkatkan kewaspadaan termasuk Indonesia. Dirjen P2PL menyampaikan beberapa kegiatan kewaspadaan terhadap Middle East Respiratory Syndrome Corona Virus (MERS-CoV) yang sudah dilakukan oleh Direktorat Jenderal P2PL, antara lain sebagai berikut :

Pertama, kesiapan sarana dan petugas kesehatan, Dirjen P2PL sudah membuat surat edaran kepada Dinas Kesehatan Propinsi dengan tembusan ke Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan (BBTKL) dan RS Vertikal seluruh Indonesia No. HK.03.03/D/II.1/633/2013 tanggal 19 Februari 2013 dan tentang kewaspadaan virus corona baru (Novel Corona Virus) dan No. HK.03.03/D/II.1/1027/2013 tanggal 3 Mei 2013 tentang peningkatan kewaspadaan Novel Corona Virus (nCoV), termasuk melampirkan informasi-informasi terbaru penyakit ini.

Berdasar surat tersebut, beberapa daerah sudah melaporkan penyebaran informasi ke Fasilitas Pelayanan Kesehatan disekitarnya dan melakukan persiapan yang diperlukan. Ditjen P2PL Kemenkes RI juga sedang membuat surat edaran kembali terkait pernyataan WHO, pada 17 Juli 2013, dan mengenai cara terbaru penanganan kasus, definisi kasus dll.


Kedua, Ditjen P2PL telah mengadakan rapat koordinasi pada 11 Juli 2013 dengan jajaran Ditjen P2PL yang diikuti oleh Kepala Pusat Kesehatan Haji, perwakilan Direktorat Jenderal Bina Upaya Kesehatan, dan Badan Litbangkes dan WHO. Surveilans dan kegiatan di port of entry akan diperkuat, Balitbangkes siap untuk memeriksa sample, sedangkan perwakilan BUK akan mengecek lagi kemampuan 100 RS rujukan flu burung termasuk edaran tentang ruang isolasi dll.

Komentar :


nurhasana sinaga
09 Juni 2014

Thanks ya, menambah ilmu baru buat kami..

Farastika Laraswati
09 Juni 2014

sama-sama ^^

Silakan login atau daftar sebagai member untuk memberi komentar

Berita Terbaru

  • Kegiatan Pelatihan Kader Posbindu PTM di kabupaten Sanggau Kalimantan Barat
    Oleh : Kalimantan Barat

    Pelaksanaan Pelatihan Kader Posbindu PTM dikabupaten Sanggau tahun 2017 Posbindu PTM yang aktif dikabupaten Sanggau berjumlah 21 Posbindu, yang sudah dilatih posbindu sebanyak 39 Posbindu

    Selengkapnya
  • Oleh : Sumatera Selatan

    Selengkapnya
  • Pemeriksaan Kesehatan Sopir Mudik Natal dan Tahun Baru 2018 di Terminal Pekkae
    Oleh : Sulawesi Selatan

    Kegiatan Pemeriksaan kesehatan dalam rangka mudik Natal dan tahun baru 2018 di terminal utama pekkae bekerjasama dengan BTKLPP kelas I Makassar dan Dinas Kesehatan Kab. Barru.

    Selengkapnya
  • Pertemuan Surveilans PPTM/Validasi Data Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2017
    Oleh : Kalimantan Timur

    Pertemuan dilaksanakan di ruang pertemuan Hotel Selyca Mulia Samarinda pada tanggal 20 s/d 22 November 2017

    Selengkapnya
  • Pelatihan Pelaporan PTM melalui Portal Web.
    Oleh : Jawa Timur

    Diikuti oleh pemegang program PTM dan Bidan Koordinator Puskesmas se Wilayah Kabupaten Kediri

    Selengkapnya