Hari Kesehatan Sedunia

17 Desember 2013

ditampilkan : 1745 kali

Hari Kesehatan Sedunia diperingati setiap tanggal 7 April, dimaksudkan untuk menandai didirikannya Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization) pada tahun 1948. Setiap tahun dipilih tema khusus yang mengangkat masalah Kesehatan Masyarakat di dunia. Peringatan Hari Kesehatan Sedunia (HKS) tahun 2013 mengambil tema HIPERTENSI, dengan tujuan menarik perhatian dunia pada dampak dan tantangan kesehatan akibat hipertensi di masyarakat, dengan fokus pada bagaimana gaya hidup sehat dapat mencegah terjadinya hipertensi dan memperpanjang harapan hidup manusia.

Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Kesehatan R.I. No. 110/Menkes/SK/III/2013 tentang Panitia Peringatan Hari Kesehatan Sedunia tahun 2013 yang mengusung tema “Waspadai Hipertensi, Kendalikan Tekanan Darah” beberapa kegiatan di Pusat maupun di daerah dilaksanakan dalam rangka peringatan HKS tahun 2013. Kegiatan tersebut antara lain:

  1. Gerakan Pengukuran Tekanan Darah bagi Masyarakat tanggal 07 – 14 April 2013 Semua fasilitas pelayanan kesehatan seperti Rumah Sakit Pemerintah maupun swasta, Puskesmas, klinik kesehatan di perkantoran pemerintah maupun swasta serta di tempat-tempat lainnya termasuk Posbindu PTM melaksanakan pengukuran tekanan darah bagi masyarakat.
  2. Peringatan Hari Kesehatan Sedunia tanggal 7 April di Parkir Timur Senayan Jakarta, meliputi : Pencanangan Gerakan pengukuran tekanan darah Bagi Masyarakat oleh Menteri Kesehatan, Senam Jantung Sehat, Fun Walk/Gerak Jalan Gembira, Senam Otak, Deteksi dini faktor risiko PTM, Pameran Kesehatan Seminar dan Round Table Discussion tentang Pengendalian Hipertensi di Indonesia, meliputi ;
    -Pencanangan Gerakan pengukuran tekanan darah Bagi Masyarakat oleh Menteri Kesehatan,Senam Jantung Sehat,
    - Fun Walk/Gerak Jalan Gembira,
    - Senam Otak,
    - Deteksi dini faktor risiko PTM,
    - Pameran Kesehatan
  3. Seminar dan Round Table Discussion tentang Pengendalian Hipertensi di Indonesia, meliputi:
    - Round Table Disscusion Pengendalian Faktor Risiko Hipertensi dengan mengundang multisektor terkait pengendalian Hipertensi, mendiskusikan upaya dan strategi pengendalian Hipertensi, serta meningkat komitmen akan pentingnya sinergi dan keterpaduan pelaksanaan program dalam upaya pengendalian Hipertensi di Indonesia.
    - Seminar Pengendalian Hipertensi bagi Tenaga Kesehatan (Dokter Umum) dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan petugas kesehatan tentang pengendalian hipertensi yang komprehensif, terintegrasi dan berkesinambungan.
    - Seminar Pengendalian Hipertensi bagi Masyarakat umum untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang hipertensi dan komplikasinya seperti serangan jantung, stroke, gagal ginjal dan lain-lain.
    - Pameran Kesehatan yang diikuti oleh unit-unit utama Kemenkes, organisasi profesi dan private sektor dan lain-lain
    - Deteksi Dini Faktor Risiko PTM serta konseling merokok dan konseling gizi
    - Peluncuran Buku Pedoman “Pengendalian Hipertensi”, Buku Saku “Batasi Gula, Garam dan Lemak melalui diet yang sehat untuk terhindar dari PTM” serta Buku Saku “Waspadai Hipertensi”.

    Pelepasan peserta Fun Walk / Gerak jalan Gembira oleh Menteri Kesehatan pada Peringatan Puncak HKS tanggal 7 April 2013 di Parkir Timur Senayan Jakarta



    Pelepasan peserta Fun Walk / Gerak jalan Gembira oleh Menteri Kesehatan pada Peringatan Puncak HKS tanggal 7 April 2013 di Parkir Timur Senayan Jakarta



    Pencanangan Gerakan pengukuran tekanan darah Bagi Masyarakat tanggal 7-14 April 2013 oleh Menteri Kesehatan



    Pembukaan Seminar dan Round Table Discussion tentang Pengendalian  Hipertensi di  Indonesia oleh Dirjen PP dan PL



    Pembukaan Pameran Kesehatan Pada Peringaran HKS 2013 di Balai Kartini Jakarta Oleh Dirjen PP dan PL didampingi WHO Representative Indoensia dan Direktur Pengendalian PTM

Komentar :


atut budiman
15 Desember 2013

kegiatan yang menarik, salut buat Dit.PPTM

Silakan login atau daftar sebagai member untuk memberi komentar

Berita Terbaru

  • Pemeriksaan IVA Test di Kel.Loa Tebu, Kab.Kutai Kartanegara
    Oleh : Kalimantan Timur

    #GERMAS perduli kanker leher rahim dan kanker payudara, deteksi dini dengan pemeriksaan IVA Test/CBE di Kel.Loa Tebu, Kab.Kutai Kartanegara.

    Selengkapnya
  • Posbindu PTM di Desa Loa Duri Ilir
    Oleh : Kalimantan Timur

    Pembentukan Posbindu PTM di Desa Loa Duri Ilir Kab.Kutai Kartanegara yang mendapat dukungan penuh dari dana desa untuk pengadaan alat dan rapid test pemeriksaan kesehatan.

    Selengkapnya
  • Skrening Merokok Pada Anak Sekolah
    Oleh : Sulawesi Selatan

    Skrenng merokok pada anak sekolah dari SMP/sederajat (kelas 7) 6 sekolah dan SMA/Sederajat (kelas 10) 6 sekolah dan terlaksanan dengan baik.

    Selengkapnya
  • Deteksi Dini Perokok Remaja Usia 15-19 Tahun di Kabupaten Barru
    Oleh : Sulawesi Selatan

    Kegiatan deteksi dini perokok remaja usia 15-19 tahun menggunakan alat Co Analyzer di SMPN 1 Barru, wilayah kerja Puskesmas Padongko.

    Selengkapnya
  • Pemeriksaan Karbon Monoksida (CO) Smoker pada Anak Sekolah di SMA N 1 KALIANDA LAMPUNG SELATAN
    Oleh : Lampung

    Pemeriksaan Karbon Monoksida (CO) Smoker pada Anak Sekolah di SMA N 1 KALIANDA LAMPUNG SELATAN

    Selengkapnya