Informasi Umum Thalasemia

10 Desember 2013

ditampilkan : 3804 kali

Thalasemia merupakan kelainan genetik yang diturunkan secara autosomal Resesif. Pasien thalasemia beta mayor memerlukan transfusi rutin seumur hidup. Perkiraan jumlah anak thalasemia mayor baru yang lahir setiap tahun di Indonesia cukup tinggi yaitu sekitar 2.500 anak. Data Pusat Thalasemia, FKUI-RSCM menujukkan 5628 pasien. Jumlah pasien baru terus meningkat mencapai 60-80 orang/tahun.

Kemenkes memprioritaskan pengendalian Thalassaemia dengan membuat Pedoman Pengendalian Thalassemia, dan menjamin Pengobatan Pelayanan Penyakit Thalassaemia (Jampelthas), mengupayakan pengadaan darah, peralatan medis dan obat-obatan yang diperlukan, serta melakukan pencegahan dengan kegiatan skrining darah secara dini untuk mengetahui pembawa sifat Thalassaemia. Terdaftar sebanyak 5541 di database YTI yang mendapatkan Jampelthas sejak tahun 2011. Dalam rangka JKN  tahun 2014, pasien thalassaemia dengan Jampelthas, Jamkesmas, dan Askes dikelompokan dalam satu jenis jaminan kesehatan yang dikelola oleh Badan Pengelola Jaminan Sosial (BPJS).

(Dian, Jr)

Komentar :


Silakan login atau daftar sebagai member untuk memberi komentar

Berita Terbaru

  • Pemeriksaan IVA Test di Kel.Loa Tebu, Kab.Kutai Kartanegara
    Oleh : Kalimantan Timur

    #GERMAS perduli kanker leher rahim dan kanker payudara, deteksi dini dengan pemeriksaan IVA Test/CBE di Kel.Loa Tebu, Kab.Kutai Kartanegara.

    Selengkapnya
  • Posbindu PTM di Desa Loa Duri Ilir
    Oleh : Kalimantan Timur

    Pembentukan Posbindu PTM di Desa Loa Duri Ilir Kab.Kutai Kartanegara yang mendapat dukungan penuh dari dana desa untuk pengadaan alat dan rapid test pemeriksaan kesehatan.

    Selengkapnya
  • Skrening Merokok Pada Anak Sekolah
    Oleh : Sulawesi Selatan

    Skrenng merokok pada anak sekolah dari SMP/sederajat (kelas 7) 6 sekolah dan SMA/Sederajat (kelas 10) 6 sekolah dan terlaksanan dengan baik.

    Selengkapnya
  • Deteksi Dini Perokok Remaja Usia 15-19 Tahun di Kabupaten Barru
    Oleh : Sulawesi Selatan

    Kegiatan deteksi dini perokok remaja usia 15-19 tahun menggunakan alat Co Analyzer di SMPN 1 Barru, wilayah kerja Puskesmas Padongko.

    Selengkapnya
  • Pemeriksaan Karbon Monoksida (CO) Smoker pada Anak Sekolah di SMA N 1 KALIANDA LAMPUNG SELATAN
    Oleh : Lampung

    Pemeriksaan Karbon Monoksida (CO) Smoker pada Anak Sekolah di SMA N 1 KALIANDA LAMPUNG SELATAN

    Selengkapnya