TIPS HIDUP SEHAT ALAMI & SEDERHANA

22 Agustus 2014

ditampilkan : 1636 kali

TIPS HIDUP SEHAT ALAMI

1. Minum banyak air.

Sangat disarankan untuk mengonsumsi 8-10 gelas air per hari. Tips yang bisa dilakukan adalah dengan minum segelas air sebelum makan. Kadang-kadang kita tidak benar-benar lapar tetapi hanya dehidrasi.

2. Makan buah-buahan segar.

Tahukah Anda waktu terbaik makan buah adalah diantara waktu makan atau sebelum makan? Saat makan buah sehabis makan, energi buah hanya akan disimpan tubuh dan tidak digunakan.

3. Cukupi asupan protein.

Beberapa sumber protein yang sangat baik meliputi ikan, kacang-kacangan, dan daging. Tubuh membutuhkan protein untuk pertumbuhan dan mengganti sel-sel yang rusak.

4. Beberapa makanan yang harus dihindari.

Makanan yang sebaiknya dihindari meliputi kentang, roti putih, oatmeal instan, dan kentang goreng. Alasannya adalah makanan ini akan cepat dipecah tubuh menjadi gula.

5. Memulai program olahraga secara teratur.

Jika Anda tidak mempunyai kebiasaan berolahraga mulailah dengan latihan ringan dan perlahan-lahan beranjak ke jenis yang lebih berat.

 

 

Pilih olahraga yang Anda suka. Saat menikmati suatu jenis olahraga, peluang untuk rutin melakukannya akan semakin besar. Berolaharaga sebaiknya dilakukan 3-5 kali seminggu dengan durasi setidaknya 30 menit.

6. Sertakan sayuran mentah ke dalam makanan harian.

Ahli gizi menyatakan bahwa semakin gelap warna sayuran, maka akan menyediakan kandungan gizi semakin baik. Berkonsentrasilah untuk memilih sayuran berwarna hijau tua, oranye tua, atau ungu tua, serta warna gelap lainnya..

7. Makan makanan kecil diantara waktu makan.

Makan setiap dua sampai tiga jam dalam porsi kecil amat dianjurkan, alih-alih langsung dalam porsi besar.

Ini akan membantu tubuh untuk meningkatkan metabolisme alami dan sangat penting untuk mengendalikan berat badan.

Dianjurkan untuk makan snack sehat. Jika Anda menunggu sampai benar-benar merasa lapar mungkin akan terlalu terlambat. Hal ini menyebabkan tubuh masuk ke keadaan puasa.

8. Sertakan asam lemak ke dalam makanan.

Ikan dan biji rami merupakan sumber yang baik untuk asam lemak. Asam lemak dapat berkontribusi untuk menurunkan kadar kolesterol darah.

9. Makan makanan yang tinggi serat.

Makanan kaya serat akan membantu Anda mengontrol kadar kolesterol serta membuat lebih cepat kenyang. Makanan kaya serat dapat dijumpai pada sayuran dan buah-buahan.

10. Konsumsi kacang-kacangan.

Segala macam kacang (almond, kacang tanah, kenari) merupakan sumber asam lemak omega 3.

Asam lemak omega 3 merupakan lemak baik yang dibutuhkan tubuh. Selain itu, asam lemak juga mampu membuat rambut, kulit, dan kuku tetap sehat.[]

 

Komentar :


Silakan login atau daftar sebagai member untuk memberi komentar

Berita Terbaru

  • Pemeriksaan IVA Test di Kel.Loa Tebu, Kab.Kutai Kartanegara
    Oleh : Kalimantan Timur

    #GERMAS perduli kanker leher rahim dan kanker payudara, deteksi dini dengan pemeriksaan IVA Test/CBE di Kel.Loa Tebu, Kab.Kutai Kartanegara.

    Selengkapnya
  • Posbindu PTM di Desa Loa Duri Ilir
    Oleh : Kalimantan Timur

    Pembentukan Posbindu PTM di Desa Loa Duri Ilir Kab.Kutai Kartanegara yang mendapat dukungan penuh dari dana desa untuk pengadaan alat dan rapid test pemeriksaan kesehatan.

    Selengkapnya
  • Skrening Merokok Pada Anak Sekolah
    Oleh : Sulawesi Selatan

    Skrenng merokok pada anak sekolah dari SMP/sederajat (kelas 7) 6 sekolah dan SMA/Sederajat (kelas 10) 6 sekolah dan terlaksanan dengan baik.

    Selengkapnya
  • Deteksi Dini Perokok Remaja Usia 15-19 Tahun di Kabupaten Barru
    Oleh : Sulawesi Selatan

    Kegiatan deteksi dini perokok remaja usia 15-19 tahun menggunakan alat Co Analyzer di SMPN 1 Barru, wilayah kerja Puskesmas Padongko.

    Selengkapnya
  • Pemeriksaan Karbon Monoksida (CO) Smoker pada Anak Sekolah di SMA N 1 KALIANDA LAMPUNG SELATAN
    Oleh : Lampung

    Pemeriksaan Karbon Monoksida (CO) Smoker pada Anak Sekolah di SMA N 1 KALIANDA LAMPUNG SELATAN

    Selengkapnya