Pelatihan Kader Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu) Penyakit Tidak Menular

28 Agustus 2017

ditampilkan : 144 kali

Pelatihan Kader Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu) Penyakit Tidak Menular

 

Sebagai salah satu upaya pencegahan dan pengendalian faktor risiko penyakit menular berbasis masyarakat, Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung Selatan mengadakan kegiatan pelatihan kader posbindu PTM yang diadakan di 12 kecamatan di Kabupaten Lampung Selatan yaitu kecamatan Penengahan, Bakauheni, Sidomulyo, Palas, Kalianda, Sragi, Katibung, Merbau Mataram, Tanjung Bintang, Tanjung Sari dan Natar. Pelaksanaannya berlangsung dari bulan juli sampai dengan Agustus 2017.

Kegiatan ini adalah sebagai salah satu bentuk peningkatan peran serta masyarakat dalam upaya pencegahan dan pengendalian penyakit tidak menular. Posbindu PTM merupakan wujud peran serta masyarakat dalam melakukan kegiatan deteksi dini, pementauan faktor risiko PTM serta tindak lanjut dini yang dilaksanakan secara terpadu, rutin dan periodik. Kegiatan posbindu PTM diharapkan dapat meningkatkan sikap mawas diri masyarakat terhadap faktor risiko PTM sehingga kasus PTM dapat dicegah. Dengan sikap mawas diri ini diharapkan ada perubahan perilaku masyarakat yang lebih sehat serta memanfaatkan fasilitas kesehatan tidak hanya pada saat sakit tetapi juga pada saat dalam keadaan sehat.

Pelatihan kader posbindu yang dilaksanakan masing-masing diikuti oleh 5 (lima) orang calon kader dari masing-masing desa. Selain calon kader peserta yang hadir dalam kegiatan tersebut adalah tokoh masyarakat, tim penggerak PKK desa, serta beberapa orang Kepala Desa.

Dengan telah dilatihnya kader posbindu ini diharapkan disetiap desa dari 12 Kecamatan tersebut sudah dapat terbentuk Posbindu PTM. Data tahun 2016 jumlah posbindu yang ada di Kabupaten Lampung Selatan sebanyak 112 pos dari 260 desa dan diahir tahun 2017 diharapkan sudah terbentuk 260 posbindu.

Komentar :


Silakan login atau daftar sebagai member untuk memberi komentar

Berita Terbaru

  • Pemeriksaan IVA Test di Kel.Loa Tebu, Kab.Kutai Kartanegara
    Oleh : Kalimantan Timur

    #GERMAS perduli kanker leher rahim dan kanker payudara, deteksi dini dengan pemeriksaan IVA Test/CBE di Kel.Loa Tebu, Kab.Kutai Kartanegara.

    Selengkapnya
  • Posbindu PTM di Desa Loa Duri Ilir
    Oleh : Kalimantan Timur

    Pembentukan Posbindu PTM di Desa Loa Duri Ilir Kab.Kutai Kartanegara yang mendapat dukungan penuh dari dana desa untuk pengadaan alat dan rapid test pemeriksaan kesehatan.

    Selengkapnya
  • Skrening Merokok Pada Anak Sekolah
    Oleh : Sulawesi Selatan

    Skrenng merokok pada anak sekolah dari SMP/sederajat (kelas 7) 6 sekolah dan SMA/Sederajat (kelas 10) 6 sekolah dan terlaksanan dengan baik.

    Selengkapnya
  • Deteksi Dini Perokok Remaja Usia 15-19 Tahun di Kabupaten Barru
    Oleh : Sulawesi Selatan

    Kegiatan deteksi dini perokok remaja usia 15-19 tahun menggunakan alat Co Analyzer di SMPN 1 Barru, wilayah kerja Puskesmas Padongko.

    Selengkapnya
  • Pemeriksaan Karbon Monoksida (CO) Smoker pada Anak Sekolah di SMA N 1 KALIANDA LAMPUNG SELATAN
    Oleh : Lampung

    Pemeriksaan Karbon Monoksida (CO) Smoker pada Anak Sekolah di SMA N 1 KALIANDA LAMPUNG SELATAN

    Selengkapnya