Dalam rangka peringatan HUT ke XIIV Ikatan Adhyaksa Dharma Karini Tahun 2017 dilaksanakan kegiatan deteksi dini kanker leher rahim.

28 Agustus 2017

ditampilkan : 51 kali

 

Deteksi Dini Kanker Leher Rahim Dalam Rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke XIIV Ikatan Adhyaksa Dharma Karini Tahun 2017

 

Kanker leher rahim merupakan masalah kesehatan yang penting bagi wanita di seluruh dunia. Kanker ini adalah jenis kanker kedua yang paling umum pada perempuan. Setiap 2 menit didunia seorang perempuan meninggal karena kanker leher rahim dan rata-rata 270 ribu kematian setiap tahunnya. Di Indonesia berdasarkan data yang diperoleh dinyatakan bahwa kanker leher rahim menempati urutan kedua dari kanker pada wanita. Prevalensi kanker leher rahim merupakan salah satu jenis kanker tertinggi pada pasien rawat inap maupun rawat jalan di seluruh rumah sakit di Indonesia, dengan jumlah pasien kanker leher rahim sebanyak 5.349 orang atau 12,8% (SIRS, 2010)

Dari data tersebut diatas begitu besar masalah kesehatan yang diakibatkan oleh kanker leher rahim. Oleh karena itu upaya deteksi dini terhadap penyakit ini harus dilakukan mengingat penyakit kanker leher rahim umumnya tidak menampakkan gejala pada stadium awal sehingga seorang perempuan seringkali tidak menyadari bahwa dirinya sudah terinfeksi.

Upaya deteksi dini saat ini yang paling murah dan mudah dilakukan adalah dengan pemeriksaan Inspeksi visual dengan asam asetat (IVA). Pemeriksaan ini sudah bisa dilakukan diseluruh puskesmas di kabupaten Lampung Selatan karena dari 26 puskesmas yang ada sudah seluruhnya memiliki tenaga terlatih IVA.

Dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke XIIV Ikatan Adhyaksa Dharma Karini Tahun 2017 dilaksanakan kegiatan pemeriksaan IVA dan Pap smear bertempat di rumah sakit dr. H. Bob bazar, SKM Kalianda.

 

 

Komentar :


Silakan login atau daftar sebagai member untuk memberi komentar

Berita Terbaru

  • Pemeriksaan IVA Test di Kel.Loa Tebu, Kab.Kutai Kartanegara
    Oleh : Kalimantan Timur

    #GERMAS perduli kanker leher rahim dan kanker payudara, deteksi dini dengan pemeriksaan IVA Test/CBE di Kel.Loa Tebu, Kab.Kutai Kartanegara.

    Selengkapnya
  • Posbindu PTM di Desa Loa Duri Ilir
    Oleh : Kalimantan Timur

    Pembentukan Posbindu PTM di Desa Loa Duri Ilir Kab.Kutai Kartanegara yang mendapat dukungan penuh dari dana desa untuk pengadaan alat dan rapid test pemeriksaan kesehatan.

    Selengkapnya
  • Skrening Merokok Pada Anak Sekolah
    Oleh : Sulawesi Selatan

    Skrenng merokok pada anak sekolah dari SMP/sederajat (kelas 7) 6 sekolah dan SMA/Sederajat (kelas 10) 6 sekolah dan terlaksanan dengan baik.

    Selengkapnya
  • Deteksi Dini Perokok Remaja Usia 15-19 Tahun di Kabupaten Barru
    Oleh : Sulawesi Selatan

    Kegiatan deteksi dini perokok remaja usia 15-19 tahun menggunakan alat Co Analyzer di SMPN 1 Barru, wilayah kerja Puskesmas Padongko.

    Selengkapnya
  • Pemeriksaan Karbon Monoksida (CO) Smoker pada Anak Sekolah di SMA N 1 KALIANDA LAMPUNG SELATAN
    Oleh : Lampung

    Pemeriksaan Karbon Monoksida (CO) Smoker pada Anak Sekolah di SMA N 1 KALIANDA LAMPUNG SELATAN

    Selengkapnya