Skrining Upaya Berhenti Merokok (UBM) pada Anak Sekolah di Prov. Kalimantan Timur

02 Agustus 2017

ditampilkan : 36 kali

         Secara umum, kebiasaan merokok pada masyarakat Indonesia merupakan salah satu masalah kesehatan karena konsumsi rokok yang masih cenderung tinggi. Sementara beban biaya yang berkaitan dengan penyakit akibat rokok khususnya penyakit tidak menular semakin meningkat, dan ini bukan hanya dari biaya pengobatan tetapi juga biaya hilangnya hari atau waktu produktivitas. Semakin banyak generasi muda yang terpapar dengan asap rokok tanpa disadari terus menumpuk zat toksik dan karsinogenik yang bersifat fatal. Apalagi saat ini anak-anak dan kaum muda kita semakin dijejali dengan ajakan merokok oleh iklan, promosi, dan sponsor rokok yang sangat gencar.

Data dari hasil Riskesdas yang dilakukan oleh Balitbangkes tahun 2013 menunjukkan peningkatan jumlah kematian akibat penyakit yang disebabkan oleh rokok menjadi 240.618 orang dari 200.000 di tahun 2010. Beban ekonomi yang disebabkan oleh penyakit akibat rokok di tahun 2013 juga meningkat dari Rp 245 T pada tahun 2010 menjadi Rp 378,75 T di tahun 2013.

Dalam kaitannya dengan hal tersebut, sesuai dengan Pergub Kaltim Nomor 1 Tahun 2013 disebutkan bahwa tempat proses belajar-mengajar (sekolah) merupakan salah satu tatanan pelaksanaan Kawasan Tanpa Rokok (KTR) selain fasilitas pelayanan kesehatan dan beberapa tatanan lainnya. Hal ini sejalan juga dengan Peraturan Mendikbud Nomor 64 Tahun 2015 tentang Kawasan Tanpa Rokok di Lingkungan Sekolah, yang bertujuan untuk menciptakan lingkungan sekolah yang bersih, sehat dan bebas rokok dengan sasaran seluruh warga sekolah dan pihak lain dalam lingkungan sekolah.

Melihat kondisi tersebut, maka dipandang perlu untuk melakukan pengendalian dampak bahaya rokok khususnya bagi anak sekolah, termasuk menyediakan layanan Upaya Berhenti Merokok di sekolah sebagai ujung tombak dalam upaya promotif dan preventif. Peran guru di sekolah akan menjadi lebih optimal dalam konseling, bagaimana cara menghindar untuk menjadi seorang perokok, dan bagi yang sudah terlanjur menjadi perokok adalah bagaimana cara berhenti dari ketergantungan merokok.

Sehubungan dengan hal tersebut di atas, maka Dinas Kesehatan Provinsi Kaltimakanmenyelenggarakankegiatan“Screening UBM(Upaya Berhenti Merokok) pada Anak Sekolah tingkat Kab/Kota” yang akan dilaksanakan di 4 (empat) Kabupaten/Kota yang telah memiliki regulasi KTR berupa Peraturan Daerah (Perda). Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan deteksi dini dan mencegah perokok pemula khususnya pada anak sekolah di wilayah Kab/Kota tersebut.

Pelaksanaan screening UBM ini dilaksanakan di tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) yang dilaksanakan oleh tenaga kesehatan yang sudah terlatih UBM (sebagaimana daftar terlampir). Pemeriksaan yang dilakukan menggunakan alat untuk mengetahui kadar CO paru atau CO analyzer/ Smokerlyzer dan menggunakan instrument berupa form UBM serta kuesioner Fagerstroom. Sasaran kegiatan ini adalah siswa/siswi SMA di 2 (dua) sekolah yang dipilih oleh Kab/Kota dengan target pemeriksaan minimal berjumlah 250 orang di masing-masing Kabupaten/ Kota.

Komentar :


Silakan login atau daftar sebagai member untuk memberi komentar

Berita Terbaru

  • Dalam rangka persiapan lomba desa siaga dan P2KS Desa Adimulyo
    Oleh : Lampung

    Puskesmas Adi luhur melakukan kegiatan pemeriksaan IVA dan CBE di Desa Adi Mulyo bersama PKK. Kabupaten Mesuji

    Selengkapnya
  • Workshop peningkatan pelayanan penderita Diabetes Melitus Tingkat Kabupaten Barru
    Oleh : Sulawesi Selatan

    Peningkatan kapasitas petugas pengelola program P2PTM puskesmas se-kabupaten Barru dalam melayani penderita penyakit Diabetes Melitus.

    Selengkapnya
  • Posbindu Khusus Di Instansi Dinas Kesehatan Kab. Barru
    Oleh : Sulawesi Selatan

    Kegiatan deteksi dini Faktor Risiko PTM sekaligus pembentukan Posbindu Khusus di Dinas Kesehatan Kab. Barru pada tanggal 7 agustus 2017

    Selengkapnya
  • Deteksi Dini FR PTM Pada Pengemudi DAMRI Pengantar Calon Jamaah Haji Dinas Kesehatan Kab. Sinjai
    Oleh : Sulawesi Selatan

    Deteksi Dini FR PTM Pada Pengemudi DAMRI Pengantar Calon Jamaah Haji Dinas Kesehatan Kab. Sinjai, Tanggal 6 Agustus 2017

    Selengkapnya
  • Pelatihan Kader Posbindu dikota Solok
    Oleh : Sumatera Barat

    Pelatihan ini diikuti oleh kader posbindu di 27 Posbindu di 13 Kelurahan se-Kota Solok

    Selengkapnya