" WE CAN. I CAN " PERINGATAN HARI KANKER SEDUNIA 2017 DI PROVINSI KEPULAUAN RIAU

16 Februari 2017

ditampilkan : 340 kali

We can. I can” atau "Kita bisa, saya bisa" tema yang diusung pada peringatan Hari Kanker Sedunia 2017 yang dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau. Tema ini bertujuan untuk menyebarkan pesan bahwa setiap orang baik secara bersama atau individual bisa mengambil peran dalam mengurangi beban dan permasalahan kanker.

Di Indonesia, prevalensi penyakit kanker cukup tinggi. Berdasarkan data Riskesdas tahun 2013, prevalensi tumor/kanker di Indonesia adalah 1.4 per 1000 penduduk, atau sekitar 347.000 orang. Di Provinsi Kepulauan Riau sendiri angka prevalensi kanker lebih tinggi dibanding angka nasional yaitu 1,6 per 1000 penduduk.  Demikian halnya dengan prevalensi kanker serviks di  Provinsi Kepulauan Riau 1,5 per 1000 penduduk lebih tinggi dibanding angka nasional yaitu 0,8 per 1000 penduduk.  Dimana kanker tertinggi pada perempuan adalah kanker payudara dan kanker leher Rahim.

Upaya deteksi dini kanker payudara dan kanker leher rahim telah dilakukan. Upaya deteksi dini kanker pada perempuan tersebut berupa skrining kanker leher rahim dengan metode Inspeksi Visual dengan Asam Asetat (IVA) dan kanker payudara dengan Pemeriksaan Payudara Klinis (SADANIS). Cakupan deteksi dini IVA di Provinsi Kepulauan Riau sampai dengan tahun 2016 meningkat jika dibandingkan tahun 2015 dimana cakupan pemeriksaan sebesar 5699 orang atau 1.9 % menjadi  6723 orang atau sekitar 2.2 %.

Puncak Peringatan Hari Kanker Sedunia 2017 dilaksanakan bersamaan dengan Hari Gizi Nasional pada tanggal 12 Februari 2017 di Kota Tanjungpinang. Rangkaian peringatan Hari Kanker Sedunia 2017 juga dimeriahkan oleh Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Cabang Provinsi Kepulauan Riau, Persatuan Ahli Gizi (PERSAGI) Kota Tanjungpinang, Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kepulauan Riau, Poltekkes Kemenkes Tanjungpinang, Dinas Kesehatan  Kabupaten  Bintan, Dinas Kesehatan Kota  Tanjungpinang dan masyarakat dll.  Beberapa alternatif kegiatan yang dilaksanakan sesuai dengan Pedoman Hari Kanker Sedunia yang dikirimkan Oleh Kementerian Kesehatan RI,  seperti:

  1. Penayangan Videotron/Iklan Layanan Masyarakat tentang mengenai edukasi kanker (pola hidup sehat dan pengobatan kanker)
  2. Senam Sehat
  3. Pemeriksaaan Kesehatan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau
  4. Konsultasi Gizi dari PERSAGI Cabang Tanjungpinang
  5. Promosi makan sayur dan buah
  6. Kampanye deteksi dini kanker serviks dan payudara: pembagian leaflet, kalender saku, Pin Hari Kanker Sedunia yang disediakan oleh Komisi Penanggulangan Kanker Nasional (KPKN).
  7. Sarapan sehat.
  8. Door Prize. 

Untuk mengoptimalkan upaya pencegahan dan pengendalian kanker di Provinsi Kepulauan Riau, perlu upaya  semua pihak baik pemerintah, swasta, maupun masyarakat dalam pencegahan dan pengendalian kanker. 

Peringatan Hari Kanker Sedunia 2017 diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan, kesadaran dan kewaspadaan masyarakat terhadap kanker serta memperkuat sistem pelayanan kanker di Indonesia khususnya di Provinsi Kepulauan Riau. (WDR)

Komentar :


Silakan login atau daftar sebagai member untuk memberi komentar

Berita Terbaru

  • POSBINDU DI TEMPAT KERJA (DINAS PEMUDA DAN OLAHRAGA KOTA SOLOK, SUMATERA BARAT)
    Oleh : Sumatera Barat

    Pelaksanaan posbindu ditempat kerja di rutin (2 kali setahun), institusi/tempat kerja yang terakomodir baru 17 OPD di Kota Solok.

    Selengkapnya
  • Dalam rangka persiapan lomba desa siaga dan P2KS Desa Adimulyo
    Oleh : Lampung

    Puskesmas Adi luhur melakukan kegiatan pemeriksaan IVA dan CBE di Desa Adi Mulyo bersama PKK. Kabupaten Mesuji

    Selengkapnya
  • Workshop peningkatan pelayanan penderita Diabetes Melitus Tingkat Kabupaten Barru
    Oleh : Sulawesi Selatan

    Peningkatan kapasitas petugas pengelola program P2PTM puskesmas se-kabupaten Barru dalam melayani penderita penyakit Diabetes Melitus.

    Selengkapnya
  • Posbindu Khusus Di Instansi Dinas Kesehatan Kab. Barru
    Oleh : Sulawesi Selatan

    Kegiatan deteksi dini Faktor Risiko PTM sekaligus pembentukan Posbindu Khusus di Dinas Kesehatan Kab. Barru pada tanggal 7 agustus 2017

    Selengkapnya
  • Deteksi Dini FR PTM Pada Pengemudi DAMRI Pengantar Calon Jamaah Haji Dinas Kesehatan Kab. Sinjai
    Oleh : Sulawesi Selatan

    Deteksi Dini FR PTM Pada Pengemudi DAMRI Pengantar Calon Jamaah Haji Dinas Kesehatan Kab. Sinjai, Tanggal 6 Agustus 2017

    Selengkapnya