KEGIATAN POSBINDU KHUSUS "POSBINDU TAQWA" DI KOTA METRO

25 Oktober 2016

ditampilkan : 480 kali

Pengendalian Penyakit Tidak Menular (PTM), diprioritaskan pada penyakit tidak menular tertinggi yaitu pengendalian penyakit jantung dan pembuluh darah, pengendalian penyakit kanker, pengendalian diabetes melitus dan penyakit metabolik, pengendalian penyakit kronis dan degeneratif, dan pengendalian gangguan akibat kecelakaan dan tindak kekerasan.

Sebanyak 70 % penderita Penyakit Tidak Menular (PTM) tidak menyadari dirinya mengindap PTM, sehingga terlambat dalam mendapatkan penanganan dan Akhirnya mengakibatkan komplikasi, kecacatan, bahkan kematian. Pada hal kejadian ini sesungguhnya dapat dicegah melalui pengendalian faktor resiko Penyakit Tidak Menular. Faktor resiko ini antara lain merokok, kurang aktifitas fisik, diet tidak seimbang dan konsumsi minuman beralkohol.

Penyakit tidak menular, seperti penyakit jantung, diabetes melitus, kanker, penyakit paru obstruktif kronik merupakan titik akhir dari perjalanan faktor-faktor resiko yang tidak terkendali yaitu faktor resiko perilaku (merokok, diet tidak seimbang, alkohol dan kurang aktivitas fisik ) yang akan menjadi faktor resiko perantara (hipertensi, hiperglikemi, obesitas, dan hiperlipidemia ) yang nantinya dapat menimbulkan penyakit yang bersifat kronik. Oleh sebab itu pengendalian Penyakit Tidak menular (PTM) lebih dititik beratkan pada Promotif dan Preventif untuk mencegah faktor resiko, sehingga tidak akan berdampak pada sosial ekonomi, hal ini sesuai dengan Kebijakan dan Strategi Departemen Kesehatan yaitu, pencegahan dan penanggulangan PTM secara komprehensif dan terintegrasi yang melibatkan masyakat dan organisasi kemasyarakatan dengan melakukan deteksi dini faktor resiko PTM dalam wadah kegiatan Pos Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular (Posbindu PTM).

Dari latar belakang diatas, pihak Dinas Kesehatan Kota Metro telah melakukan dan membentuk Posbindu Khusus yang bernama Posbindu TAQWA yang terdiri dari jamaah pengajian di Masjid Taqwa Kota Metro yang dilaksanakan satu kali setiap bulannya.

Komentar :


Silakan login atau daftar sebagai member untuk memberi komentar

Berita Terbaru

  • Dalam rangka persiapan lomba desa siaga dan P2KS Desa Adimulyo
    Oleh : Lampung

    Puskesmas Adi luhur melakukan kegiatan pemeriksaan IVA dan CBE di Desa Adi Mulyo bersama PKK. Kabupaten Mesuji

    Selengkapnya
  • Workshop peningkatan pelayanan penderita Diabetes Melitus Tingkat Kabupaten Barru
    Oleh : Sulawesi Selatan

    Peningkatan kapasitas petugas pengelola program P2PTM puskesmas se-kabupaten Barru dalam melayani penderita penyakit Diabetes Melitus.

    Selengkapnya
  • Posbindu Khusus Di Instansi Dinas Kesehatan Kab. Barru
    Oleh : Sulawesi Selatan

    Kegiatan deteksi dini Faktor Risiko PTM sekaligus pembentukan Posbindu Khusus di Dinas Kesehatan Kab. Barru pada tanggal 7 agustus 2017

    Selengkapnya
  • Deteksi Dini FR PTM Pada Pengemudi DAMRI Pengantar Calon Jamaah Haji Dinas Kesehatan Kab. Sinjai
    Oleh : Sulawesi Selatan

    Deteksi Dini FR PTM Pada Pengemudi DAMRI Pengantar Calon Jamaah Haji Dinas Kesehatan Kab. Sinjai, Tanggal 6 Agustus 2017

    Selengkapnya
  • Pelatihan Kader Posbindu dikota Solok
    Oleh : Sumatera Barat

    Pelatihan ini diikuti oleh kader posbindu di 27 Posbindu di 13 Kelurahan se-Kota Solok

    Selengkapnya