Review Implementasi KTR di Kabupaten Sidoarjo

17 Oktober 2016

ditampilkan : 588 kali

Meski memiliki Perda KTR sejak Tahun 2011, Kabupaten Sidoarjo belum pernah melakukan review implementasinya. Diawali dengan hasil kesepakatan rapat koordinasi di Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur tanggal 10 Oktober 2016, maka perlu dilakukan review implementasi KTR di Kabupaten Sidoarjo dan Kota Malang. Di Kabupaten Sidoarjo, Kawasan Tanpa Rokok terdiri dari 6 tatanan, sedangkan instansi kerja termasuk Kawasan Terbatas Merokok. Dilakukan review di 14 lokasi dari kawasan-kawasan tersebut.

Review di Kabupaten Sidoarjo dilakukan pada tanggal 11 & 12 Oktober 2016. Tim yang melakukan review terdiri dari Kemenkes RI, Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo Seksi P2SE & Promkes), Satpol PP, Bagian Hukum Sekretariat Daerah. Instansi yang dikunjungi: SDN Pucang 2, 3, 4, SMP 1, 2 Sidoarjo, SMP PGRI 1 Buduran, SMKN 1, 2, 3, SMAN 1 Sidoarjo, Dinas Kesehatan, BPPT, Dinas Pendidikan dan Puskesmas Sidoarjo. Selain review juga dilaksanakan FGD di SMPN 2 Sidoarjo.

Dari hasil review tersebut, semua instansi belum sepenuhnya melakukan pelaksanaan KTR dengan sempurna. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini akan ada perbaikan dari masing-masing penanggung jawab instansi dalam pelaksanaan Perda KTR di Kabupaten Sidoarjo. Peran berbagai pihak pun sangat dibutuhkan. Rencana ke depan akan diadakan sosialisasi Perda KTR ini serta penindakan lebih tegas dari Satpol PP.

Komentar :


Silakan login atau daftar sebagai member untuk memberi komentar

Berita Terbaru

  • Pelatihan Pelaporan PTM melalui Portal Web.
    Oleh : Jawa Timur

    Diikuti oleh pemegang program PTM dan Bidan Koordinator Puskesmas se Wilayah Kabupaten Kediri

    Selengkapnya
  • Pelatihan PANDU PTM angkatan I Tahun 2017 Provinsi NTB
    Oleh : Nusa Tenggara Barat

    Pelatihan PANDU PTM angkatan I Tahun 2017 di Provinsi NTB berlangsung selama 6 Hari di Hotel Grand Legi Mataram NTB

    Selengkapnya
  • Peningkatan Kapasitas Petugas PTM Kegiatan Posbindu Tahun 2017 Provinsi NTB
    Oleh : Nusa Tenggara Barat

    Peningkatan Kapasitas Petugas PTM Kegiatan Posbindu tahun 2017 Provinsi NTB dilaksanakan selama 5 Hari. Mulai tanggal 15 Mei - 19 Mei 2017 di Hotel Lombok Plaza Mataram.

    Selengkapnya
  • Pelatihan Deteksi Dini Kanker Payudara dan Kanker Leher Rahim dengan Metode IVA angkatan II Tahun 2017 Provinsi NTB
    Oleh : Nusa Tenggara Barat

    Pelatihan Deteksi Dini Kanker Payudara dan Kanker Leher Rahim

    Selengkapnya
  • Reward Berhenti Merokok pada HKN ke-53 Kota Solok Sumatera Barat
    Oleh : Sumatera Barat

    Giat Puskesmas Nan Balimo Kota Solok, sebagai puskesmas dengan icon menekan angka kesakitan dan kematian FRPTM khusus untuk kebiasaan merokok pada masyarakat

    Selengkapnya