Kegiatan evaluasi program PTM di Kabupaten Sidoarjo

04 Oktober 2016

ditampilkan : 420 kali

Program PPTM mempunyai peranan dalam menurunkan angka kesakitan dan kematian akibat PTM. Dalam rangka peningkatan pencapaian Program Surveilans Penyakit tidak Menular, maka perlu memperhatikan hasil capaian pelaksanaan program-program tersebut. Sehubungan dengan hal tersebut maka perlu diadakan kegiatan pertemuan Evaluasi kegiatan PTM.

Rapat evaluasi program PTM di Kabupaten Sidoarjo dilaksanakan di aula  Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo tanggal 13 September 2016. Adapun materi yang disampaikan diantaranya: Kebijakan Pengendalian PTM (dr. T. Edi Susanto, M.Si selaku Kabid P2PL Dinkes Kab Sidoarjo), Hasil capaian Puskesmas (disampaikan oleh Ibu Qudrotin, S.Keb. Bd. selaku Kasi Pencegahan Penyakit & SE Dinkes Kab Sidoarjo), Inovasi pelaksanaan PTM (Gito, Hartono, SKM M.Kes selaku Kasi P3PMK Dinkes Prov Jatim), persiapan kegiatan Stop Kanker Serviks, Surveilans FR Kecelakaan (Eko Purwanto selaku Staf P2PL Dinkes Kab Sidoarjo). Selain itu, ada presentasi dari Puskesmas Prambon mengenai Klinik Berhenti Merokok dan Puskesmas Buduran tentang CERDIK di Sekolah.

Dari hasil evaluasi didapatkan bahwa capaian Puskesmas se-Kabupaten Sidoarjo semakin meningkat bila dibandingkan dengan tahun 2015, namun belum mencapai target yang telah ditetapkan pada tahun 2016. Oleh karena itu perlu dilakukan inovasi-inovasi, pemberdayaan masyarakat serta sosialisasi yang lebih luas lagi. Selain itu, beberapa puskesmas belum 100% melaporkan laporan rutin PTM.

 

 

Komentar :


Silakan login atau daftar sebagai member untuk memberi komentar

Berita Terbaru

  • Dalam rangka persiapan lomba desa siaga dan P2KS Desa Adimulyo
    Oleh : Lampung

    Puskesmas Adi luhur melakukan kegiatan pemeriksaan IVA dan CBE di Desa Adi Mulyo bersama PKK. Kabupaten Mesuji

    Selengkapnya
  • Workshop peningkatan pelayanan penderita Diabetes Melitus Tingkat Kabupaten Barru
    Oleh : Sulawesi Selatan

    Peningkatan kapasitas petugas pengelola program P2PTM puskesmas se-kabupaten Barru dalam melayani penderita penyakit Diabetes Melitus.

    Selengkapnya
  • Posbindu Khusus Di Instansi Dinas Kesehatan Kab. Barru
    Oleh : Sulawesi Selatan

    Kegiatan deteksi dini Faktor Risiko PTM sekaligus pembentukan Posbindu Khusus di Dinas Kesehatan Kab. Barru pada tanggal 7 agustus 2017

    Selengkapnya
  • Deteksi Dini FR PTM Pada Pengemudi DAMRI Pengantar Calon Jamaah Haji Dinas Kesehatan Kab. Sinjai
    Oleh : Sulawesi Selatan

    Deteksi Dini FR PTM Pada Pengemudi DAMRI Pengantar Calon Jamaah Haji Dinas Kesehatan Kab. Sinjai, Tanggal 6 Agustus 2017

    Selengkapnya
  • Pelatihan Kader Posbindu dikota Solok
    Oleh : Sumatera Barat

    Pelatihan ini diikuti oleh kader posbindu di 27 Posbindu di 13 Kelurahan se-Kota Solok

    Selengkapnya