PELATIHAN DASAR PERAWATAN PALIATIF

07 September 2016

ditampilkan : 470 kali

Dalam rangka upaya pencegahan & pengendalian penyakit tidak menular (ptm) di Provinsi Jawa Timur. Dinas kesehatan Provinsi  Jawa Timur mengadakan pelatihan dasar perawatan paliatif di 7 RS Rujukan Regional Jatim sesuai  amanah dari Pergub Jatim No.2 Tahun 2015 tentang Upaya Kesehatan.

Pelatihan ini diselenggarakan atas kerjasama antara Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Jimur dengan pusat pengembangan paliatif dan bebas nyeri RSUD Dr. Soetomo – FK UNAIR Surabaya. Dilaksanakan di Hotel Elmi Surabaya pada tanggal 5 s/ 9 September 2016 dengan peserta sebanyak 38 orang yang berasal dari rumah sakit (dokter, apoteker, perawat), dinas kesehatan kab/kota yg diwakili kasi  surveilans, dan dokter  puskesmas.

Maksud dan tujuan dari pelatihan ini diharapkan peserta mampu melaksanakan perawatan paliatif di masing-masing puskesmas, rumah sakit, atau unit pelayanan kesehatan lainnya serta mampu membentuk tim perawatan paliatif sebagai sarana dalam memberikan pelayanan perawatan paliatif di unit kerja yang ditempati.

Sebagai tindak lanjut dari pertemuan ini diharapkan setiap rumah sakit akan membentuk poli paliatif.

Pelatihan ini dibuka oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur Dr.dr.Kohar Hari Santoso.Sp.An KIC.KAP dan Prof.Sunaryadi  Tedjawinata,Dr,Sp.THTKL selaku Pembina Masyarakat Paliatif Indonesia (MPI). Disaksikan Ketua MPI pusat Urip Murtedjo,dr.,Sp.BKL(K), FINACS(K), FICS.,PGD.Pall.Med(ECU) dan Ketua MPI Jawa Timur Agus Ali fauzi, dr, PGD.Pall.Med(ECU).

 

 

Komentar :


Silakan login atau daftar sebagai member untuk memberi komentar

Berita Terbaru

  • Dalam rangka persiapan lomba desa siaga dan P2KS Desa Adimulyo
    Oleh : Lampung

    Puskesmas Adi luhur melakukan kegiatan pemeriksaan IVA dan CBE di Desa Adi Mulyo bersama PKK. Kabupaten Mesuji

    Selengkapnya
  • Workshop peningkatan pelayanan penderita Diabetes Melitus Tingkat Kabupaten Barru
    Oleh : Sulawesi Selatan

    Peningkatan kapasitas petugas pengelola program P2PTM puskesmas se-kabupaten Barru dalam melayani penderita penyakit Diabetes Melitus.

    Selengkapnya
  • Posbindu Khusus Di Instansi Dinas Kesehatan Kab. Barru
    Oleh : Sulawesi Selatan

    Kegiatan deteksi dini Faktor Risiko PTM sekaligus pembentukan Posbindu Khusus di Dinas Kesehatan Kab. Barru pada tanggal 7 agustus 2017

    Selengkapnya
  • Deteksi Dini FR PTM Pada Pengemudi DAMRI Pengantar Calon Jamaah Haji Dinas Kesehatan Kab. Sinjai
    Oleh : Sulawesi Selatan

    Deteksi Dini FR PTM Pada Pengemudi DAMRI Pengantar Calon Jamaah Haji Dinas Kesehatan Kab. Sinjai, Tanggal 6 Agustus 2017

    Selengkapnya
  • Pelatihan Kader Posbindu dikota Solok
    Oleh : Sumatera Barat

    Pelatihan ini diikuti oleh kader posbindu di 27 Posbindu di 13 Kelurahan se-Kota Solok

    Selengkapnya