Pelatihan Posbindu PTM di Bapelkes Batam Tanggal 7 - 12 Agustus 2016

09 Agustus 2016

ditampilkan : 503 kali

Semakin meningkatnya jumlah penderita Penyakit Tidak Menular sangat mengkhawatirkan. Memasuki tahun 2000an trend penderita Penyakit Tidak menular menyerang masyarakat usia muda mulai usia 15 tahun. Untuk itu perlu peran serta masyarakat dalam menaggulangi dan mencegah Penyakit Tidak Menular.

Di Kabupaten Nganjuk Provinsi Jawa Timur yang merupakan wilayah kerja Dinas Kesehatan Daerah Kabupaten Nganjuk telah menjalankan upaya pencegahan Penyakit Tidak Menular. Salah satu kegiatan yang dilakukan adalah membentuk Pos Pembinaan Terpadu atau lebih dikenal dengan Posbindu. Jumlah Posbindu di Kabupaten Nganjuk sampai bulan Maret 2016 sudah terbentuk 56 Posbindu. Dengan jumlah tersebut dirasa kurang karena dari target tahun 2016 adalah 20% dari desa di kabupaten yang melaksanakan Posbindu PTM. Dari 56 Posbindu masih sekitar kurang dari 5% dari semua desa yang melaksanakan, jadi sangat kurang kalau dibandingkan target dari Renstra PPTM Kemenkes RI tahun 2015-2019.

Dengan adanya pelatihan Posbindu di Bapelkes Batam ini diharapkan sebagai pelecut semangat untuk semakin banyaknya pembentukan Posbindu PTM sebagai upaya dini pencegahan Penyakit Tidak Menular. Peran serta masyarakat sangat diperlukan untuk melaksanakan kegiatan Posbindu terutama kader Posbindu sebagai ujung tombak dalam pelaksanaan Posbindu PTM di desa.

Komentar :


Silakan login atau daftar sebagai member untuk memberi komentar

Berita Terbaru

  • Pemeriksaan IVA Test di Kel.Loa Tebu, Kab.Kutai Kartanegara
    Oleh : Kalimantan Timur

    #GERMAS perduli kanker leher rahim dan kanker payudara, deteksi dini dengan pemeriksaan IVA Test/CBE di Kel.Loa Tebu, Kab.Kutai Kartanegara.

    Selengkapnya
  • Posbindu PTM di Desa Loa Duri Ilir
    Oleh : Kalimantan Timur

    Pembentukan Posbindu PTM di Desa Loa Duri Ilir Kab.Kutai Kartanegara yang mendapat dukungan penuh dari dana desa untuk pengadaan alat dan rapid test pemeriksaan kesehatan.

    Selengkapnya
  • Skrening Merokok Pada Anak Sekolah
    Oleh : Sulawesi Selatan

    Skrenng merokok pada anak sekolah dari SMP/sederajat (kelas 7) 6 sekolah dan SMA/Sederajat (kelas 10) 6 sekolah dan terlaksanan dengan baik.

    Selengkapnya
  • Deteksi Dini Perokok Remaja Usia 15-19 Tahun di Kabupaten Barru
    Oleh : Sulawesi Selatan

    Kegiatan deteksi dini perokok remaja usia 15-19 tahun menggunakan alat Co Analyzer di SMPN 1 Barru, wilayah kerja Puskesmas Padongko.

    Selengkapnya
  • Pemeriksaan Karbon Monoksida (CO) Smoker pada Anak Sekolah di SMA N 1 KALIANDA LAMPUNG SELATAN
    Oleh : Lampung

    Pemeriksaan Karbon Monoksida (CO) Smoker pada Anak Sekolah di SMA N 1 KALIANDA LAMPUNG SELATAN

    Selengkapnya