Seminar Kesehatan Pengendalian Penyakit Tidak Menular (PTM)

01 Juli 2016

ditampilkan : 628 kali

Setelah menyelenggarakan penguatan jejaring Pengendalian Penyakit Tidak Menular (PTM), Dinas Kesehatan Daerah Kota Blitar menyelenggarakan Seminar Kesehatan Pengendalian PTM. Kegiatan berlangsung di Balaikota Kusumo Wicitro Kota Blitar, Rabu (11/05).

 
Harni Setyorini, S.T Kepala Bidang Pengendalian Penyakit Dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Dinas Kesehatan Kota Blitar pada Rabu (11/05), mengatakan bahwa seminar ini dilakukan untuk memberikan pemahaman tentang penyakit tidak menular, seperti hipertensi, jantung, stroke, serta diabetes mellitus. Diharapkan masyarakat dapat menjaga kesehatannya dengan melakukan perilaku sehat dan CERDIK (Cek Kesehatan Secara Rutin, Enyahkan Asap Rokok, Rajin Aktifitas Fisik, Diet Seimbang, Istirahat Cukup, dan Kelola Stres). Maysarakat juga bisa melakukan pola sehat dengan memperhatikan konsumsi garam, gula dan minyak (GGL). Konsep G4G1L5 dapat digunakan untuk menentukan takaran maksimal konsumsi 4 sendok makan gula, 1 sendok teh garam, serta 5 sendok minyak perorang perhari. 
 
 
Seminar ini melibatkan peserta sekitar 250 orang dari unsur tim penggerak PKK, Dharma Wanita Persatuan, Persit, Bhayangkari, Gerontologi, Karang Werda, Kader Kesehatan, Muslimat, Fatayat dan lain-lain. Dalam seminar yang dibuka dr. Ngesti Utomo Kepala Dinas Kesehatan Kota Blitar ini menghadirkan narasumber, diantaranya Ahli Gizi Pratidina Ambarwati, S.ST dan dr. Mia Melinda Sp.PD dari RSUD Mardi Waluyo Kota Blitar.

Komentar :


Silakan login atau daftar sebagai member untuk memberi komentar

Berita Terbaru

  • Pemeriksaan IVA Test di Kel.Loa Tebu, Kab.Kutai Kartanegara
    Oleh : Kalimantan Timur

    #GERMAS perduli kanker leher rahim dan kanker payudara, deteksi dini dengan pemeriksaan IVA Test/CBE di Kel.Loa Tebu, Kab.Kutai Kartanegara.

    Selengkapnya
  • Posbindu PTM di Desa Loa Duri Ilir
    Oleh : Kalimantan Timur

    Pembentukan Posbindu PTM di Desa Loa Duri Ilir Kab.Kutai Kartanegara yang mendapat dukungan penuh dari dana desa untuk pengadaan alat dan rapid test pemeriksaan kesehatan.

    Selengkapnya
  • Skrening Merokok Pada Anak Sekolah
    Oleh : Sulawesi Selatan

    Skrenng merokok pada anak sekolah dari SMP/sederajat (kelas 7) 6 sekolah dan SMA/Sederajat (kelas 10) 6 sekolah dan terlaksanan dengan baik.

    Selengkapnya
  • Deteksi Dini Perokok Remaja Usia 15-19 Tahun di Kabupaten Barru
    Oleh : Sulawesi Selatan

    Kegiatan deteksi dini perokok remaja usia 15-19 tahun menggunakan alat Co Analyzer di SMPN 1 Barru, wilayah kerja Puskesmas Padongko.

    Selengkapnya
  • Pemeriksaan Karbon Monoksida (CO) Smoker pada Anak Sekolah di SMA N 1 KALIANDA LAMPUNG SELATAN
    Oleh : Lampung

    Pemeriksaan Karbon Monoksida (CO) Smoker pada Anak Sekolah di SMA N 1 KALIANDA LAMPUNG SELATAN

    Selengkapnya