Launching Posbindu PO Pratama Putra

30 Juni 2016

ditampilkan : 612 kali

ada tanggal 24 Juni 2016, Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo bekerja sama dengan BBTKLP Surabaya dan Puskesmas Wonoayu melakukan launching Posbindu Khusus di PO Pratama Putra. Kegiatan ini diikuti oleh para sopir bus beserta kru di PO Pratama Putra.

PO Pratama pUtra berada di wilayah Puskesmas Wonoayu, tepatnya di Jalan raya Becirongengor No. 02 Wonoayu. Dengan armada angkutan umum dan pariwisata yang mencapai 50 orang dan turut sertanya sebagai angkutan mudik lebaran oleh armada dari PO ini, perlu adanya perhatian terhadap deteksi dini risiko kecelakaan dan juga Penyakit tidak Menular. Oleh karena itu, dibentuk Posbindu PO di Pratama Putra. Pada tahun lalu perwakilan dari PO Bus Pratam Putra telah mengikuti uji coba Posbindu Khusus yang diadakan oleh Kemenkes RI di Surabaya.

Manajemen PO Pratama Putra sangat antusias terhadap kegiatan ini. Dengan konsep Posbindu ini diharapkan deteksi dini terhadap penyakit tidak menular dan risiko kecelakaan dapat berjalan. Karena peralatan posbindu dapat dioperasikan oleh orang awam. Beberapa pegawai dari PO Pratama Putra juga turut serta melakukan pemeriksaan serta diperiksa.

Pelaksanaan kegiatan dimulai dari registrasi, wawancara, pemeriksaan tekanan darah, pemeriksaan amphetamine urine, pemeriksaan kadar alkohol pernapasan, pemeriksaan kadar glukosa, asam urat dan cholesterol darah, konseling, pengobatan sederhana dan pemberian souvenir.

Pada saat launching telah diperiksa 63 orang dan didapatkan hasil rekapitulasi sebagai berikut: 0% kadar amphetamine urine dan alkohol positif, 1,6% glukosa darah berisiko, 68,4% kurang aktivitas fisik, 63,1% merokok, 65,38 hipercholesterolemia, 49,05 hiperurisemia, dan 100% Tekanan darah berisiko.

Diharapkan dari hasil sebagian kru tersebut dapat ditindaklanjuti dengan perubahan lifestyle dan rajin kontrol oleh masing-masing individu. Rencana ke depan, Posbindu di PO Sumber Group akan dilaksanakan rutin tiap 3 bulan sekali.

Komentar :


Silakan login atau daftar sebagai member untuk memberi komentar

Berita Terbaru

  • Pemeriksaan IVA Test di Kel.Loa Tebu, Kab.Kutai Kartanegara
    Oleh : Kalimantan Timur

    #GERMAS perduli kanker leher rahim dan kanker payudara, deteksi dini dengan pemeriksaan IVA Test/CBE di Kel.Loa Tebu, Kab.Kutai Kartanegara.

    Selengkapnya
  • Posbindu PTM di Desa Loa Duri Ilir
    Oleh : Kalimantan Timur

    Pembentukan Posbindu PTM di Desa Loa Duri Ilir Kab.Kutai Kartanegara yang mendapat dukungan penuh dari dana desa untuk pengadaan alat dan rapid test pemeriksaan kesehatan.

    Selengkapnya
  • Skrening Merokok Pada Anak Sekolah
    Oleh : Sulawesi Selatan

    Skrenng merokok pada anak sekolah dari SMP/sederajat (kelas 7) 6 sekolah dan SMA/Sederajat (kelas 10) 6 sekolah dan terlaksanan dengan baik.

    Selengkapnya
  • Deteksi Dini Perokok Remaja Usia 15-19 Tahun di Kabupaten Barru
    Oleh : Sulawesi Selatan

    Kegiatan deteksi dini perokok remaja usia 15-19 tahun menggunakan alat Co Analyzer di SMPN 1 Barru, wilayah kerja Puskesmas Padongko.

    Selengkapnya
  • Pemeriksaan Karbon Monoksida (CO) Smoker pada Anak Sekolah di SMA N 1 KALIANDA LAMPUNG SELATAN
    Oleh : Lampung

    Pemeriksaan Karbon Monoksida (CO) Smoker pada Anak Sekolah di SMA N 1 KALIANDA LAMPUNG SELATAN

    Selengkapnya