Pemeriksaan Sopir Bus di Terminal Purabaya Sidoarjo

30 Juni 2016

ditampilkan : 905 kali

Dalam rangka operasi Ramadhania Tahun 2016 diadakan Pemeriksaan kesehatan Sopir bus di Terminal Purabaya. Kegiatan ini dilakukan pada tanggal 22 Juni 2016 dan tanggal 27 Juni 2016.

Pada tanggal 22 Juni 2016 kegiatan dilaksanakan oleh Puskesmas Medaeng dengan Polres Sidoarjo. Pemeriksaan yang dilakukan adalah pemeriksaan alkohol pernapasan dan amphetamine urine. Jumlah pengemudi bus yang diperiksa sebanyak 20 orang dan hasilnya negatif semua.

Sedangkan pada tanggal 27 Juni 2016 kegiatan dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Jawa TImur, Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo dan Puskesmas Waru. Sebanyak 34 orang pengemudi bus diperiksa dari berbagai PO Bus. Kegiatan yang dilakukan dimulai dari registrasi, wawancara, pemeriksaan amphetamine urin, glukosa darah, alkohol pernapasan, konseling, pengobatan sederhana dan pemberian souvenir. Didapatkan hasil 0% kadar amphetamine positif dan alkohol pernapasan positif, 23,5% Tekanan darah berisiko, 35,3% merokok dan 5,8% glukosa darah berisiko. 

Dalam rangka waspada arus mudik, akan dilanjutkan dengan pos kesehatan arus mudik di terminal Purabaya sejak tanggal 30 Juni 2016 sampai tanggal 14 Juli 2016. Puskesmas Sedati, Puskesmas Ganting, Puskesmas Waru, RS Mitra Keluarga Waru, Puskesmas gedangan, Puskesmas Medaeng akan stand by di pos tersebut secara bergantian.

Selain kegiatan di Terminal Purabaya, terdapat kegiatan di tempat lain di Kabupaten Sidoarjo dan belum sempat didokumentasikan yaitu di Jalan Raya Mliriprowo Tarik Sidoarjo. Pada tanggal 28 Juni 2016 dan 30 Juni 2016 diadakan pemeriksaan sopir bus bekerja sama dengan LLAJ Surabaya. Pemeriksaan yang dilakukan adalah kelayakan kendaraan dan kesehatan pengemudi bus. kendaraan yang tidak layak akan langsung ditilang. Sedangkan pemeriksaan kesehatan pengemudi bus terdiri dari wawancara risiko kesehatan, pemeriksaan tekanan darah dan alkohol pernapasan. Pada tanggal 28 Juni 2016 dilaksanakan oleh Puskesmas Tarik dengan 15 orang pengemudi diperiksa dan hasilnya tidak ada yang alkohol pernapasannya positif sedangkan 60% tekanan darahnya berisiko. Rencananya, pada tanggal 30 Juni 2016 pemeriksaan akan dilaksanakan oleh Puskesmas Prambon.

Kegiatan berikutnya yaitu pemeriksaan pengemudi bus angkutan mudik gratis di Pendopo Delta Wibawa Kabupaten Sidoarjo tanggal 4 Juli 2016 yang akan dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo dan Puskesmas Sidoarjo.

 

Komentar :


Silakan login atau daftar sebagai member untuk memberi komentar

Berita Terbaru

  • Kegiatan Pelatihan Kader Posbindu PTM di kabupaten Sanggau Kalimantan Barat
    Oleh : Kalimantan Barat

    Pelaksanaan Pelatihan Kader Posbindu PTM dikabupaten Sanggau tahun 2017 Posbindu PTM yang aktif dikabupaten Sanggau berjumlah 21 Posbindu, yang sudah dilatih posbindu sebanyak 39 Posbindu

    Selengkapnya
  • Oleh : Sumatera Selatan

    Selengkapnya
  • Pemeriksaan Kesehatan Sopir Mudik Natal dan Tahun Baru 2018 di Terminal Pekkae
    Oleh : Sulawesi Selatan

    Kegiatan Pemeriksaan kesehatan dalam rangka mudik Natal dan tahun baru 2018 di terminal utama pekkae bekerjasama dengan BTKLPP kelas I Makassar dan Dinas Kesehatan Kab. Barru.

    Selengkapnya
  • Pertemuan Surveilans PPTM/Validasi Data Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2017
    Oleh : Kalimantan Timur

    Pertemuan dilaksanakan di ruang pertemuan Hotel Selyca Mulia Samarinda pada tanggal 20 s/d 22 November 2017

    Selengkapnya
  • Pelatihan Pelaporan PTM melalui Portal Web.
    Oleh : Jawa Timur

    Diikuti oleh pemegang program PTM dan Bidan Koordinator Puskesmas se Wilayah Kabupaten Kediri

    Selengkapnya