Pemeriksaan Sopir Bus di Terminal Purabaya Sidoarjo

30 Juni 2016

ditampilkan : 667 kali

Dalam rangka operasi Ramadhania Tahun 2016 diadakan Pemeriksaan kesehatan Sopir bus di Terminal Purabaya. Kegiatan ini dilakukan pada tanggal 22 Juni 2016 dan tanggal 27 Juni 2016.

Pada tanggal 22 Juni 2016 kegiatan dilaksanakan oleh Puskesmas Medaeng dengan Polres Sidoarjo. Pemeriksaan yang dilakukan adalah pemeriksaan alkohol pernapasan dan amphetamine urine. Jumlah pengemudi bus yang diperiksa sebanyak 20 orang dan hasilnya negatif semua.

Sedangkan pada tanggal 27 Juni 2016 kegiatan dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Jawa TImur, Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo dan Puskesmas Waru. Sebanyak 34 orang pengemudi bus diperiksa dari berbagai PO Bus. Kegiatan yang dilakukan dimulai dari registrasi, wawancara, pemeriksaan amphetamine urin, glukosa darah, alkohol pernapasan, konseling, pengobatan sederhana dan pemberian souvenir. Didapatkan hasil 0% kadar amphetamine positif dan alkohol pernapasan positif, 23,5% Tekanan darah berisiko, 35,3% merokok dan 5,8% glukosa darah berisiko. 

Dalam rangka waspada arus mudik, akan dilanjutkan dengan pos kesehatan arus mudik di terminal Purabaya sejak tanggal 30 Juni 2016 sampai tanggal 14 Juli 2016. Puskesmas Sedati, Puskesmas Ganting, Puskesmas Waru, RS Mitra Keluarga Waru, Puskesmas gedangan, Puskesmas Medaeng akan stand by di pos tersebut secara bergantian.

Selain kegiatan di Terminal Purabaya, terdapat kegiatan di tempat lain di Kabupaten Sidoarjo dan belum sempat didokumentasikan yaitu di Jalan Raya Mliriprowo Tarik Sidoarjo. Pada tanggal 28 Juni 2016 dan 30 Juni 2016 diadakan pemeriksaan sopir bus bekerja sama dengan LLAJ Surabaya. Pemeriksaan yang dilakukan adalah kelayakan kendaraan dan kesehatan pengemudi bus. kendaraan yang tidak layak akan langsung ditilang. Sedangkan pemeriksaan kesehatan pengemudi bus terdiri dari wawancara risiko kesehatan, pemeriksaan tekanan darah dan alkohol pernapasan. Pada tanggal 28 Juni 2016 dilaksanakan oleh Puskesmas Tarik dengan 15 orang pengemudi diperiksa dan hasilnya tidak ada yang alkohol pernapasannya positif sedangkan 60% tekanan darahnya berisiko. Rencananya, pada tanggal 30 Juni 2016 pemeriksaan akan dilaksanakan oleh Puskesmas Prambon.

Kegiatan berikutnya yaitu pemeriksaan pengemudi bus angkutan mudik gratis di Pendopo Delta Wibawa Kabupaten Sidoarjo tanggal 4 Juli 2016 yang akan dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo dan Puskesmas Sidoarjo.

 

Komentar :


Silakan login atau daftar sebagai member untuk memberi komentar

Berita Terbaru

  • Pemeriksaan IVA Test di Kel.Loa Tebu, Kab.Kutai Kartanegara
    Oleh : Kalimantan Timur

    #GERMAS perduli kanker leher rahim dan kanker payudara, deteksi dini dengan pemeriksaan IVA Test/CBE di Kel.Loa Tebu, Kab.Kutai Kartanegara.

    Selengkapnya
  • Posbindu PTM di Desa Loa Duri Ilir
    Oleh : Kalimantan Timur

    Pembentukan Posbindu PTM di Desa Loa Duri Ilir Kab.Kutai Kartanegara yang mendapat dukungan penuh dari dana desa untuk pengadaan alat dan rapid test pemeriksaan kesehatan.

    Selengkapnya
  • Skrening Merokok Pada Anak Sekolah
    Oleh : Sulawesi Selatan

    Skrenng merokok pada anak sekolah dari SMP/sederajat (kelas 7) 6 sekolah dan SMA/Sederajat (kelas 10) 6 sekolah dan terlaksanan dengan baik.

    Selengkapnya
  • Deteksi Dini Perokok Remaja Usia 15-19 Tahun di Kabupaten Barru
    Oleh : Sulawesi Selatan

    Kegiatan deteksi dini perokok remaja usia 15-19 tahun menggunakan alat Co Analyzer di SMPN 1 Barru, wilayah kerja Puskesmas Padongko.

    Selengkapnya
  • Pemeriksaan Karbon Monoksida (CO) Smoker pada Anak Sekolah di SMA N 1 KALIANDA LAMPUNG SELATAN
    Oleh : Lampung

    Pemeriksaan Karbon Monoksida (CO) Smoker pada Anak Sekolah di SMA N 1 KALIANDA LAMPUNG SELATAN

    Selengkapnya