GEMPAR ke Posbindu PTM di Kabupaten Sidoarjo

01 Juni 2016

ditampilkan : 686 kali

Untuk meningkatkan jumlah masyarakat yang dideteksi dini faktor risiko PTMnya melalui Posbindu dan mendekatkan pelayanan terhadap masyarakat terkait pencegahan Penyakit tidak Menular, diadakan Gerakan Masyarakat, Pegawai, Anak Sekolah Rajin ke Posbindu PTM ( GEMPAR ke Posbindu PTM). Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 27 Mei 2016 di alun-alun Kabupaten Sidoarjo bersamaan dengan kampanye Bulan Pemeriksaan Tekanan Darah dan Peringatan Hari Tanpa Tembakau Sedunia (HTTS).

Awalnya kegiatan ini dilaksanakan untuk inisiasi Posbindu di instansi Pemerintahan yang telah dibentuk namun ternyata disambut baik oleh seluruh masyarakat sehingga peserta kegiatan ini juga diperuntukkan untuk masyarakat umum. Sebelum pelaksanakan Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo juga telah berkoordinasi dengan SKPD-SKPD yang ada, baik yang belum membentuk Posbindu maupun yang sudah membentuk Posbindu.

Kegiatan GEMPAR ke Posbindu PTM melibatkan tim dari Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo, Puskesmas Sidoarjo, Puskesmas Candi, Puskesmas Sekardangan, Puskesmas Urang Agung, Puskesmas Buduran dan kader Posbindu instansi yang telah dilatih. Di lokasi alun-alun dibagi menjadi 7 Pos yang berlokasi di Parkir Selatan ( 1 pos), Parkir Barat (3 Pos) dan Paseban (2 Pos). Kegiatan yang dilaksanakan diantaranya wawancara faktor risiko PTM, pemeriksaan tekanan darah, pemeriksaan analisa lemak, pemeriksaan darah sederhana (asam urat, cholesterol totsl dan glucosa darah).

Diharapkan dengan kegiatan GEMPAR ke Posbindu ditindak lanjut oleh masyarakat dengan lebih meningkatkan capaian dan kegiatan Posbindu yang ada di masyarakat, baik Posbindu Umum maupun Posbindu Khusus.

Komentar :


Silakan login atau daftar sebagai member untuk memberi komentar

Berita Terbaru

  • Pemeriksaan IVA Test di Kel.Loa Tebu, Kab.Kutai Kartanegara
    Oleh : Kalimantan Timur

    #GERMAS perduli kanker leher rahim dan kanker payudara, deteksi dini dengan pemeriksaan IVA Test/CBE di Kel.Loa Tebu, Kab.Kutai Kartanegara.

    Selengkapnya
  • Posbindu PTM di Desa Loa Duri Ilir
    Oleh : Kalimantan Timur

    Pembentukan Posbindu PTM di Desa Loa Duri Ilir Kab.Kutai Kartanegara yang mendapat dukungan penuh dari dana desa untuk pengadaan alat dan rapid test pemeriksaan kesehatan.

    Selengkapnya
  • Skrening Merokok Pada Anak Sekolah
    Oleh : Sulawesi Selatan

    Skrenng merokok pada anak sekolah dari SMP/sederajat (kelas 7) 6 sekolah dan SMA/Sederajat (kelas 10) 6 sekolah dan terlaksanan dengan baik.

    Selengkapnya
  • Deteksi Dini Perokok Remaja Usia 15-19 Tahun di Kabupaten Barru
    Oleh : Sulawesi Selatan

    Kegiatan deteksi dini perokok remaja usia 15-19 tahun menggunakan alat Co Analyzer di SMPN 1 Barru, wilayah kerja Puskesmas Padongko.

    Selengkapnya
  • Pemeriksaan Karbon Monoksida (CO) Smoker pada Anak Sekolah di SMA N 1 KALIANDA LAMPUNG SELATAN
    Oleh : Lampung

    Pemeriksaan Karbon Monoksida (CO) Smoker pada Anak Sekolah di SMA N 1 KALIANDA LAMPUNG SELATAN

    Selengkapnya