Sosialisasi PTM bagi Dokter Puskesmas di Kabupaten Tulungagung

09 April 2016

ditampilkan : 752 kali

     Dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan dokter puskesmas tentang penyakit tidak menular, Dinas Kesehatan Kab. Tulungagung mengadakan sosialisasi PTM bagi Dokter Puskesmas. Acara sosialisasi ini dilaksanakan pada tanggal 7 April 2015 yang lalu.

     Narasumber pada pertemuan tersebut adalah dr. Faridha Cahyani dari Dinkes Prov. Jatim dan dr. Rina, SpPD dari RSUD dr. Iskak Tulungagung. Materi yang disampaikan adalah Kebijakan dan Upaya Pengendalian PTM serta Upaya Pencegahan dan Tatalaksana penyakit Gagal Ginjal.

     Sebanyak 31 dokter puskesmas yang mengikuti sosialisasi tersebut berpartisipasi aktif dengan memberikan banyak pertanyaan terkait diet, aktifitas fisik dan pengobatan untuk pasien gagal ginjal. Selain itu, para dokter juga sharing pengalaman terkait program PPTM di puskesmas.

    Dengan pertemuan ini diharapkan dokter puskesmas dapat  menjadi fasilitator / pembina di posbindu, terlibat aktif dalam kegiatan UKBM yang ada, melakukan upaya promotif dan preventif di puskesmas, memberikan pelayanan integrasi DM dan hipertensi (PANDU), melakukan deteksi dini IVA dan SADANIS serta melakukan tatalaksana sesuai standar.

   Semoga bisa mengendalikan PTM di Tulungagung. Semangat....... (FC)

Komentar :


Silakan login atau daftar sebagai member untuk memberi komentar

Berita Terbaru

  • Pemeriksaan IVA Test di Kel.Loa Tebu, Kab.Kutai Kartanegara
    Oleh : Kalimantan Timur

    #GERMAS perduli kanker leher rahim dan kanker payudara, deteksi dini dengan pemeriksaan IVA Test/CBE di Kel.Loa Tebu, Kab.Kutai Kartanegara.

    Selengkapnya
  • Posbindu PTM di Desa Loa Duri Ilir
    Oleh : Kalimantan Timur

    Pembentukan Posbindu PTM di Desa Loa Duri Ilir Kab.Kutai Kartanegara yang mendapat dukungan penuh dari dana desa untuk pengadaan alat dan rapid test pemeriksaan kesehatan.

    Selengkapnya
  • Skrening Merokok Pada Anak Sekolah
    Oleh : Sulawesi Selatan

    Skrenng merokok pada anak sekolah dari SMP/sederajat (kelas 7) 6 sekolah dan SMA/Sederajat (kelas 10) 6 sekolah dan terlaksanan dengan baik.

    Selengkapnya
  • Deteksi Dini Perokok Remaja Usia 15-19 Tahun di Kabupaten Barru
    Oleh : Sulawesi Selatan

    Kegiatan deteksi dini perokok remaja usia 15-19 tahun menggunakan alat Co Analyzer di SMPN 1 Barru, wilayah kerja Puskesmas Padongko.

    Selengkapnya
  • Pemeriksaan Karbon Monoksida (CO) Smoker pada Anak Sekolah di SMA N 1 KALIANDA LAMPUNG SELATAN
    Oleh : Lampung

    Pemeriksaan Karbon Monoksida (CO) Smoker pada Anak Sekolah di SMA N 1 KALIANDA LAMPUNG SELATAN

    Selengkapnya