Launching Posbindu di SMKN 3 Buduran Kabupaten Sidoarjo

26 Januari 2016

ditampilkan : 1151 kali

Menindaklanjuti kegiatan Peningkatan Kapasitas Petugas dalam Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu) Khusus Provinsi Jawa Timur yang diselenggarakan oleh UPT Latkesmas Murnajati Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur tanggal 3 s.d. 6 Juni 2015 yang dihadiri oleh perwakilan Dinas Pendidikan Kabupaten Sidoarjo, Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo dan Guru UKS SMKN 3 Buduran, maka disepakati untuk dibentuk posbindu khusus di SMKN 3 Sidoarjo.

Pelatihan kader posbindu dilakukan dengan sasaran guru & pegawai serta perwakilan masing-masing kelas. Kegiatan ini dilanjutkan dengan sosialisasi kepada seluruh masyarakat SMKN 3 Sidoarjo karena akan dilaksanakan rutin di sana. Sekolah yang merupakan sekolah dengan lingkungan sehat ini sangat mendukung program pencegahan penyakit tidak menular ini sejak dini. Kegiatan ini diawali sejak akhir bulan Oktober 2015.

Bukanlah hal yang mudah membentuk posbindu di sekolah untuk yang pertama kalinya. Namun hal ini tak dirasakan karena semua pihak di sekolah saling membantu. Bahkan telah disediakan tempat khusus untuk kegiatan posbindu. Selain itu, bimbingan dan pendampingan dari Puskesmas Buduran juga sangat luar biasa optimal. Sekolah telah menyediakan 1 paket alat Posbindu kit untuk pelaksanaan kegiatan ini. Selain itu, SMKN 3 Buduran juga telah menerima bantuan Posbindu kit dari Dinkes Provinsi Jawa Timur yang telah diserahkan langsung oleh Kasi Pencegahan Penyakit & SE Dinkes Kab. Sidoarjo dan Kepala Puskesmas Buduran.

Kegiatan posbindu akan diintegrasikan dengan kegiatan UKS. Sedangkan kegiatan posbindu khusus pegawai akan dilaksanakan rutin setiap bulannya. Begitu antusiasnya kader posbindu SMKN 3 Buduran hingga secara mandiri agar  mudah berkoordinasi kader pun membentuk grup whatsapp. Para kader pun telah mandiri melaksanakan kegiatan Posbindu.

Komentar :


Silakan login atau daftar sebagai member untuk memberi komentar

Berita Terbaru

  • Pemeriksaan IVA Test di Kel.Loa Tebu, Kab.Kutai Kartanegara
    Oleh : Kalimantan Timur

    #GERMAS perduli kanker leher rahim dan kanker payudara, deteksi dini dengan pemeriksaan IVA Test/CBE di Kel.Loa Tebu, Kab.Kutai Kartanegara.

    Selengkapnya
  • Posbindu PTM di Desa Loa Duri Ilir
    Oleh : Kalimantan Timur

    Pembentukan Posbindu PTM di Desa Loa Duri Ilir Kab.Kutai Kartanegara yang mendapat dukungan penuh dari dana desa untuk pengadaan alat dan rapid test pemeriksaan kesehatan.

    Selengkapnya
  • Skrening Merokok Pada Anak Sekolah
    Oleh : Sulawesi Selatan

    Skrenng merokok pada anak sekolah dari SMP/sederajat (kelas 7) 6 sekolah dan SMA/Sederajat (kelas 10) 6 sekolah dan terlaksanan dengan baik.

    Selengkapnya
  • Deteksi Dini Perokok Remaja Usia 15-19 Tahun di Kabupaten Barru
    Oleh : Sulawesi Selatan

    Kegiatan deteksi dini perokok remaja usia 15-19 tahun menggunakan alat Co Analyzer di SMPN 1 Barru, wilayah kerja Puskesmas Padongko.

    Selengkapnya
  • Pemeriksaan Karbon Monoksida (CO) Smoker pada Anak Sekolah di SMA N 1 KALIANDA LAMPUNG SELATAN
    Oleh : Lampung

    Pemeriksaan Karbon Monoksida (CO) Smoker pada Anak Sekolah di SMA N 1 KALIANDA LAMPUNG SELATAN

    Selengkapnya