Peningkatan Surveilans Aktif RS dalam PPTM di Kabupaten Sidoarjo

25 Januari 2016

ditampilkan : 721 kali

Selama ini, pelaporan kasus Penyakit tidak menular hanya didapatkan dari Puskesmas, hanya ada beberapa Rumah Sakit sentinel saja yang melaporkan kasus PTM melalui Laporan STP RS. Hal ini membuat gambaran Penyakit tidak Menular yang terjadi banyak yang belum terlaporkan. Oleh karena itu Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo menyelenggarakan pertemuan Surveilans Aktif Rumah Sakit (SARS) untuk mengaktifkan Surveilans Penyakit, terutama Penyakit tidak Menular.

Pertemuan Surveilans Aktif Rumah Sakit se-Kabupaten Sidoarjo dilaksanakan pada tanggal 11 November 2015 di Aula Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo. Dihadiri oleh contact person masing-masing RS di Kabupaten Sidoarjo.

Dengan adanya pertemuan tersebut disepakati bahwa semua Rumah Sakit di Kabupaten Sidoarjo akan melaporkan kasus PTM yang ditangani di instansinya dan dikirim ke Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo. Kendalanya, pelaporan hanya berdasarkan pada jumlah kasus dan kunjungan saja karena belum adanya sistem atau aplikasi yang mewadahinya.

 

Komentar :


Silakan login atau daftar sebagai member untuk memberi komentar

Berita Terbaru

  • Pemeriksaan IVA Test di Kel.Loa Tebu, Kab.Kutai Kartanegara
    Oleh : Kalimantan Timur

    #GERMAS perduli kanker leher rahim dan kanker payudara, deteksi dini dengan pemeriksaan IVA Test/CBE di Kel.Loa Tebu, Kab.Kutai Kartanegara.

    Selengkapnya
  • Posbindu PTM di Desa Loa Duri Ilir
    Oleh : Kalimantan Timur

    Pembentukan Posbindu PTM di Desa Loa Duri Ilir Kab.Kutai Kartanegara yang mendapat dukungan penuh dari dana desa untuk pengadaan alat dan rapid test pemeriksaan kesehatan.

    Selengkapnya
  • Skrening Merokok Pada Anak Sekolah
    Oleh : Sulawesi Selatan

    Skrenng merokok pada anak sekolah dari SMP/sederajat (kelas 7) 6 sekolah dan SMA/Sederajat (kelas 10) 6 sekolah dan terlaksanan dengan baik.

    Selengkapnya
  • Deteksi Dini Perokok Remaja Usia 15-19 Tahun di Kabupaten Barru
    Oleh : Sulawesi Selatan

    Kegiatan deteksi dini perokok remaja usia 15-19 tahun menggunakan alat Co Analyzer di SMPN 1 Barru, wilayah kerja Puskesmas Padongko.

    Selengkapnya
  • Pemeriksaan Karbon Monoksida (CO) Smoker pada Anak Sekolah di SMA N 1 KALIANDA LAMPUNG SELATAN
    Oleh : Lampung

    Pemeriksaan Karbon Monoksida (CO) Smoker pada Anak Sekolah di SMA N 1 KALIANDA LAMPUNG SELATAN

    Selengkapnya