Stroke

2013-11-18

Ditampilkan : 4230

Tuan B 41 tahun mendapat serangan stroke mendadak. Pada pagi hari pasien tidak merasakan apa-apa. Saat beraktifitas di sawah pasien merasakan sakit kepala yang sangat hebat dan setelah itu pasien merasakan tangan dan kaki sebelah kiri tidak bisa digerakkan. Saat berada di rumah pasien muntah sebanyak 2 kali dan kemudian bicaranya pelo padahal sebelumnya tidak pelo.

Kasus lain juga menimpa Ny.N 65 tahun, ia dibawa keluarganya ke Rumah Sakit dengan keluhan utama lemah pada tangan kanan dan kaki kanan secara mendadak. Keluhan ini datang mendadak pada saat penderita sedang duduk sambil mengobrol . Selain itu penderita merasa mulut mencong ke kanan dan bicara pelo.

Dua kasus diatas merupakan satu dari banyak kasus kejadian stroke di Indonesia. Kejadiannya yang mendadak tanpa permisi memberikan dampak buruk yang drastis pada penderitanya. Bayangkan saja ketika anda sedang asyik mengobrol tiba – tiba mulut anda mencong dan badan anda lemah sebelah, sungguh mengerikan bukan? Maka tim kami akan berusaha memberikan informasi seputar stroke agar anda dan keluarga terhindar dari bahaya penyakit ini.Apa sih yang dimaksud dengan penyakit stroke?

Badan kesehatan dunia atau WHO mendefinisikan stroke sebagai suatu tanda klinis yang berkembang cepat akibat gangguan otak fokal (atau global) dengan gejala-gejala yang berlangsung selama 24 jam atau lebih dan dapat menyebabkan kematian tanpa adanya penyebab lain yang jelas selain kelainan pembuluh darah.

Ada berapa macam jenis stroke?

Stroke ada 2 macam yang pertama disebut stroke hemoragik yaitu stroke yang diakibatkan perdarahan pada otak. Kedua stroke non hemoragik yaitu akibat tersumbatnya pembuluh darah otak sehingga jaringan otak tidak mendapat nutrisi dan oksigen.

Apa saja risiko terjadinya stroke?

Factor risiko penyakit stroke diantaranya hipertensi, penyakit jantung, diabetes melitus,merokok, konsumsi alkohol, kelebihan lemak darah atau hiperlipidemia, dan kurang aktifitas.

Bagaimana gejala dan tanda penyakit stroke?

Gejala yang muncul diantaranya :

  • Tiba-tiba merasa lemah pada sebelah wajah, serta lengan dan kaki terutama satu sisi tubuh.
  • Tiba-tiba kebingungan dan kesulitan bicara
  • Sakit kepala hebat
  • Penglihatan mendadak terganggu
  • Tiba-tiba kesulitan berjalan, gangguan keseimbangan dan koordinasi

Gejala yang muncul dapat dinilai dengan metode FAST. Metode ini dapat dilihat diartikel kami selanjutnya

Apa yang harus dilakukan bila keluarga anda menunjukan gejala stroke?

time is brain, waktu sangat berharga untuk penderita stroke, apabila terlambat ditangani bisa berakhir dengan kematian. Hal-hal yang yang perlu anda lakukan adalah :

  • Amankan penderita, baringkan dengan posisi setengah duduk
  • Segera panggil bantuan dan telepon ambulan
  • Jangan beri makanan atau minuman karena penderita stroke tidak dapat menelan dengan baik. Cairan yang diminum dikhawatirkan masuk ke saluran napas dan mengganggu pernapasan
  • Pastikan jalan napas aman.Perhatikan hidung dan mulut tidak ada sumbatan, bila ada air liur miringkan tubuh pasien dan bersihkan mulut dari air liur.Waktu yang aman adalah 20 menit sampai pasien tiba di rumah sakit. Bila lebih dari itu dampak yang muncul dapat lebih buruk.

Berita Terbaru

  • POSBINDU DI TEMPAT KERJA (DINAS PEMUDA DAN OLAHRAGA KOTA SOLOK, SUMATERA BARAT)
    Oleh : Sumatera Barat

    Pelaksanaan posbindu ditempat kerja di rutin (2 kali setahun), institusi/tempat kerja yang terakomodir baru 17 OPD di Kota Solok.

    Selengkapnya
  • Dalam rangka persiapan lomba desa siaga dan P2KS Desa Adimulyo
    Oleh : Lampung

    Puskesmas Adi luhur melakukan kegiatan pemeriksaan IVA dan CBE di Desa Adi Mulyo bersama PKK. Kabupaten Mesuji

    Selengkapnya
  • Workshop peningkatan pelayanan penderita Diabetes Melitus Tingkat Kabupaten Barru
    Oleh : Sulawesi Selatan

    Peningkatan kapasitas petugas pengelola program P2PTM puskesmas se-kabupaten Barru dalam melayani penderita penyakit Diabetes Melitus.

    Selengkapnya
  • Posbindu Khusus Di Instansi Dinas Kesehatan Kab. Barru
    Oleh : Sulawesi Selatan

    Kegiatan deteksi dini Faktor Risiko PTM sekaligus pembentukan Posbindu Khusus di Dinas Kesehatan Kab. Barru pada tanggal 7 agustus 2017

    Selengkapnya
  • Deteksi Dini FR PTM Pada Pengemudi DAMRI Pengantar Calon Jamaah Haji Dinas Kesehatan Kab. Sinjai
    Oleh : Sulawesi Selatan

    Deteksi Dini FR PTM Pada Pengemudi DAMRI Pengantar Calon Jamaah Haji Dinas Kesehatan Kab. Sinjai, Tanggal 6 Agustus 2017

    Selengkapnya