Deteksi Dini Kanker

2013-12-12

Ditampilkan :

DETEKSI DINI KANKER PAYUDARA DAN KANKER LEHER RAHIM


Layanan deteksi dini kanker yang telah dikembangkan, meliputi deteksi dini kanker payudara dengan metode Clinical Breast Examination (CBE) dan kanker leher rahim dengan metoda Inspeksi Visual dengan Asam Asetat (IVA), sedangkan kanker anak dilakukan dengan pengenalan dini gejala dan tanda kanker pada anak, yaitu retinoblastoma, leukemia, nasopharing, osteosarkoma, limfoma dan Neuroblastoma.

Upaya deteksi dini kanker bertujuan selain menemukan lesi prakanker leher rahim juga menemukan kanker pada stadium awal. Kegiatan deteksi dini kanker leher rahim dan kanker payudara telah dicanangkan oleh Ibu Negara menjadi program nasional pada tanggal 21 April 2008.Target program ini adalah 80% perempuan berusia 30-50 tahun telah dilakukan deteksi dini dalam jangka 5 tahun. Sampai tahun 2013, program telah berjalan di 32 provinsi pada 184 kabupaten/kota di 462 Puskesmas. Tim Trainer yang sudah dibentuk sebanyak 202 orang (onkolog obsgin, onkolog bedah, obsgin, dokter bedah, dokter umum, bidan) dan 1.352 provider di Puskesmas (dokter umum dan bidan). Cakupan hasil kegiatan sampai 2012, telah diskrining 575.503 orang dan IVA positif 25.805 orang (4,5%), suspect kanker leher rahim 666 (1,2 per 1000), tumor payudara  1.289 (2.2 per 1000).Dapat dilihat pada grafik berikut:

 

Kendala yang dihadapi sampai saat ini masih terbatasnya tenaga terlatih serta fasilitas penunjang deteksi dini seperti bahan habis pakai gas krio. Upaya kedepan dalam rangka percepatan pencapaian cakupan program deteksi dini kanker leher rahim, akan dilakukan integrasi program dengan program Keluarga Berencana (KB) dan program Infeksi Menular Seksual (IMS).

Berita Terbaru

  • Pelatihan Pelaporan PTM melalui Portal Web.
    Oleh : Jawa Timur

    Diikuti oleh pemegang program PTM dan Bidan Koordinator Puskesmas se Wilayah Kabupaten Kediri

    Selengkapnya
  • Pelatihan PANDU PTM angkatan I Tahun 2017 Provinsi NTB
    Oleh : Nusa Tenggara Barat

    Pelatihan PANDU PTM angkatan I Tahun 2017 di Provinsi NTB berlangsung selama 6 Hari di Hotel Grand Legi Mataram NTB

    Selengkapnya
  • Peningkatan Kapasitas Petugas PTM Kegiatan Posbindu Tahun 2017 Provinsi NTB
    Oleh : Nusa Tenggara Barat

    Peningkatan Kapasitas Petugas PTM Kegiatan Posbindu tahun 2017 Provinsi NTB dilaksanakan selama 5 Hari. Mulai tanggal 15 Mei - 19 Mei 2017 di Hotel Lombok Plaza Mataram.

    Selengkapnya
  • Pelatihan Deteksi Dini Kanker Payudara dan Kanker Leher Rahim dengan Metode IVA angkatan II Tahun 2017 Provinsi NTB
    Oleh : Nusa Tenggara Barat

    Pelatihan Deteksi Dini Kanker Payudara dan Kanker Leher Rahim

    Selengkapnya
  • Reward Berhenti Merokok pada HKN ke-53 Kota Solok Sumatera Barat
    Oleh : Sumatera Barat

    Giat Puskesmas Nan Balimo Kota Solok, sebagai puskesmas dengan icon menekan angka kesakitan dan kematian FRPTM khusus untuk kebiasaan merokok pada masyarakat

    Selengkapnya