Deteksi Dini Kanker

2013-12-12

Ditampilkan :

DETEKSI DINI KANKER PAYUDARA DAN KANKER LEHER RAHIM


Layanan deteksi dini kanker yang telah dikembangkan, meliputi deteksi dini kanker payudara dengan metode Clinical Breast Examination (CBE) dan kanker leher rahim dengan metoda Inspeksi Visual dengan Asam Asetat (IVA), sedangkan kanker anak dilakukan dengan pengenalan dini gejala dan tanda kanker pada anak, yaitu retinoblastoma, leukemia, nasopharing, osteosarkoma, limfoma dan Neuroblastoma.

Upaya deteksi dini kanker bertujuan selain menemukan lesi prakanker leher rahim juga menemukan kanker pada stadium awal. Kegiatan deteksi dini kanker leher rahim dan kanker payudara telah dicanangkan oleh Ibu Negara menjadi program nasional pada tanggal 21 April 2008.Target program ini adalah 80% perempuan berusia 30-50 tahun telah dilakukan deteksi dini dalam jangka 5 tahun. Sampai tahun 2013, program telah berjalan di 32 provinsi pada 184 kabupaten/kota di 462 Puskesmas. Tim Trainer yang sudah dibentuk sebanyak 202 orang (onkolog obsgin, onkolog bedah, obsgin, dokter bedah, dokter umum, bidan) dan 1.352 provider di Puskesmas (dokter umum dan bidan). Cakupan hasil kegiatan sampai 2012, telah diskrining 575.503 orang dan IVA positif 25.805 orang (4,5%), suspect kanker leher rahim 666 (1,2 per 1000), tumor payudara  1.289 (2.2 per 1000).Dapat dilihat pada grafik berikut:

 

Kendala yang dihadapi sampai saat ini masih terbatasnya tenaga terlatih serta fasilitas penunjang deteksi dini seperti bahan habis pakai gas krio. Upaya kedepan dalam rangka percepatan pencapaian cakupan program deteksi dini kanker leher rahim, akan dilakukan integrasi program dengan program Keluarga Berencana (KB) dan program Infeksi Menular Seksual (IMS).

Berita Terbaru

  • Dalam rangka persiapan lomba desa siaga dan P2KS Desa Adimulyo
    Oleh : Lampung

    Puskesmas Adi luhur melakukan kegiatan pemeriksaan IVA dan CBE di Desa Adi Mulyo bersama PKK. Kabupaten Mesuji

    Selengkapnya
  • Workshop peningkatan pelayanan penderita Diabetes Melitus Tingkat Kabupaten Barru
    Oleh : Sulawesi Selatan

    Peningkatan kapasitas petugas pengelola program P2PTM puskesmas se-kabupaten Barru dalam melayani penderita penyakit Diabetes Melitus.

    Selengkapnya
  • Posbindu Khusus Di Instansi Dinas Kesehatan Kab. Barru
    Oleh : Sulawesi Selatan

    Kegiatan deteksi dini Faktor Risiko PTM sekaligus pembentukan Posbindu Khusus di Dinas Kesehatan Kab. Barru pada tanggal 7 agustus 2017

    Selengkapnya
  • Deteksi Dini FR PTM Pada Pengemudi DAMRI Pengantar Calon Jamaah Haji Dinas Kesehatan Kab. Sinjai
    Oleh : Sulawesi Selatan

    Deteksi Dini FR PTM Pada Pengemudi DAMRI Pengantar Calon Jamaah Haji Dinas Kesehatan Kab. Sinjai, Tanggal 6 Agustus 2017

    Selengkapnya
  • Pelatihan Kader Posbindu dikota Solok
    Oleh : Sumatera Barat

    Pelatihan ini diikuti oleh kader posbindu di 27 Posbindu di 13 Kelurahan se-Kota Solok

    Selengkapnya